Pengertian Guest House, Karakteristik Guest House

Diposting pada

Pengertian Guest House – Guest house sebagai semacam sarana fasilitas, baik punya perseorangan atau perusahaan, yang ditujukan khusus tamu yang akan bermalam. Guest house juga bisa berbentuk rumah individu yang diubah untuk kebutuhan tamu.

Sarana yang akan dijajakan di guest house simpel saja, mayoritas tanpa sediakan kepentingan makan dan minum tamunya, meskipun pada beberapa guest house juga dijumpai fasilitas makan gratis yang dapat diminta setiap saat.

Umumnya, guest house dengan sarana semacam ini juga biarkan tamunya pilih menu makanan mereka sendiri.

Perbedaan guest house dan homestay, contoh guest house, fasilitas guest house, guest house artinya bahasa indonesianya, homestay adalah, guest house yogyakarta, guest house banjarmasin, gambar guest house.

Baca Juga:

Wisma Termurah di Makassar

Penginapan Murah di Makassar, Mulai Dari Rp85 Ribu

Wisma Murah di Makassar Dekat Mall Panakukang

10 Hotel di Makassar Dekat Pantai Losari

Hotel di Makassar yang Murah

Pengertian Guest House

Pengertian Guest House, Karakteristik Guest House
Pengertian Guest House, Karakteristik Guest House (Foto: Patrick Robert Doyle/Unplash)

Di beberapa negara di dunia, guest house digunakan lebih serupa dengan hotel, dengan beberapa tamu juga akan memperoleh fasilitas makan. Guest house juga sering disimpulkan sebagai wisma atau pemondokan.

Di beragam lokasi, tak jarang guest house dikatakan sebagai asrama. Di Indonesia, biasanya guest house bisa banyak ditemui di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Jogja, dan lainnya karena keperluan akan tempat bermalam sementara lumayan tinggi.

Keunikan yang jadi pembanding di antara guest house dengan hotel berbintang ialah biayanya yang condong tambah murah.

Disamping itu, guest house condong diatur oleh pemiliknya sendiri, berlainan dengan hotel yang diatur oleh staff penuh waktu.

Tak jarang juga pemilik guest house umumnya mempunyai ruangan tertentu di wilayah bangunan tempat tinggal.

Pemilik guest house umumnya juga merangkap tugas mereka. Untuk kelas guest house rendah, umumnya pemilik juga jadi petugas kebersihan dan penjaga guest house sepanjang tamu bermalam.

Ketidaksamaan yang lain di antara hotel dan guest house, yakni hotel mewajibkan ada kedatangan staff sepanjang 24 jam satu hari dan 7 hari satu minggu di hotel, sedang guest house mempunyai agenda kedatangan staff yang lebih terbatas.

Pada guest house kelas tinggi, pemilik umumnya berada tinggal terpisah dengan guest house kepunyaannya, namun tetap ada di tempat yang bersisihan.

Berlainan dengan homestay yang umumnya juga ditempati oleh pemilik di dalamnya.

Di tiap guest house, umumnya cuman dijumpai seorang atau lebih housekeeper (penjaga rumah). Pekerjaan housekeeper ini ialah untuk menolong tamu yang bermalam dan mempersiapkan makan pagi untuk beberapa tamu.

Disamping itu, housekeeper juga bertanggungjawab penuh pada kebersihan guest house.

Guest house memang seharusnya dijaga kebersihannya, bahkan juga di saat kosong, untuk pastikan kenyamanan saat setiap saat ada tamu tiba untuk bermalam.

Guest house kelihatannya semakin lebih pas untuk dipakai bermalam bersama dengan keluarga, karena idenya yang lebih homey dan ekonomis, dan nyaman untuk keluarga.

Bukan hanya pas untuk keluarga, guest house juga bisa menjadi opsi pas untuk Anda yang ingin melakukan gathering atau tatap muka.

Karakteristik Guest House

Ada 4 karakter penting pada guest house yang jadi kelebihan paling memberikan keuntungan untuk tamu dibandingkan fasilitas tipe lain, yakni:

1. Memiliki nuansa kekerabatan

Bila disaksikan dari servis yang disuguhi, pemilik selalu membuat gueshouse dengan situasi berteman. Pokoknya,  Anda akan dibikin senyaman mungkin.

Karenanya juga, guesthouse selalu asyik untuk digunakan bermalam bersama keluarga atau pribadi.

2. Makanan dan Minuman

Pemilik guest house umumnya mengaryakan staff housekeeper atau pegawai separuh waktu untuk menolong mempersiapkan kepentingan tamu.

Seperti mempersiapkan makan pagi atau minuman di kitchen. Tapi tidak seluruhnya guest house sediakan breakfast.

3. Check In / Check Out

Guest house sama dengan staff separuh waktu. Atau dengan kata lain, pegawai yang ditempatkan kerja oleh pemilik tidak selalu 24 jam stand by ada di tempat.

Itu mengapa agenda check in kerap dilaksanakan lewat janji jumpa (appointment) terlebih dahulu.

4. Ketenangan

Kegiatan tamu di Guesthouse yang terbatas pasti mendatangkan situasi yang aman. Tanpa suara berisik, ketenangan istirahat dapat dicicipi penuh.

FAQ Guest House

Apa yang diartikan dengan Guest House?

Oleh karena itu, pemahaman mengenai Guest House menurut pakar atau akademiki perhotelan perlu didatangkan. Guesthouse sebagai usaha pemondokan bertaraf kecil.

Nama yang lain di Indonesia ialah pesanggarahan. pemondokan dengan tipe seperti ini lebih banyak yang aslinya dari rumah individu yang selanjutnya diganti jadi guesthouse.

Guest house dan hotel apakah beda?

Guest House yang dengan bahasa Indonesia memiliki arti rumah tamu juga sebagai pemondokan…. Dapat disebut, guest house ialah versus mininya dari hotel.

Beberapa bahkan juga ada yang sediakan makan pagi dan sarana lain seperti hotel.

Apakah bedanya Guest House dan Youth Hostel?

Ketidaksamaan besarnya ialah guest house lebih condong terima tamu perseorangan atau justru backpacker, berlainan dibanding youth hostel yang lebih luas sasaran pemakainya.

Disamping itu, lokasinya juga terbatas di wilayah rekreasi yang disukai wisatawan asing seperti Tokyo, Kyoto dan Okinawa.

Apakah bedanya homestay dan Villa?

Sedang ketidaksamaan di antara villa dan homestay berada pada lokasinya. Bila villa berada di perumahan-perumahan yang lebih sepi, atau di beberapa tempat seperti lereng pegunungan, karena itu homestay berada di dalam sebuah permukiman yang lebih ramai.

Apa yang diartikan dengan guest?

Makna kata “guest” Bahasa Inggris dalam Bahasa Indonesia. kb. tamu.

Apa yang diartikan dengan villa?

Villa sebagai salah satunya alternative rumah sementara yang ada jauh dari kejenuhan/kepenatan akan kegiatan di kota dan ada jauh dari beberapa kota besar, karena peranan villa secara umum sebagai tempat beristirahat dan bisa diperkembangkan di satu tempat atau wilayah pegunungan yang dekat dengan

Apa yang diartikan hotel Villa dan Losmen?

Villa biasanya ada di wilayah yang jauh dari keramaian di wilayah pegunungan atau pantai dengan udara sejuk dan situasi asri.

Losmen ialah tipe pemondokan yang memakai beberapa atau semua bangunan dikontrakkan untuk orang yang tiba untuk istirahat beberapa waktu dengan/ tanpa makan – minum.

Losmen itu tempat apa?

Losmen (dari bahasa Prancis “logement”, “penghunian”, melalui bahasa Belanda) ialah semacam pemondokan komersil yang tawarkan biaya yang tambah murah dibanding hotel. Losmen disebutkan juga hotel melati.

Apakah beda motel dan hostel?

Harga: Motel tambah murah dibanding hotel. Sedang hostel ialah opsi bermalam yang lumayan murah dan umumnya dijadikan tempat berkunjung.

Beberapa tamu tidak pesan kamar di hostel tapi sewa tempat tidur, umumnya tempat tidur atur seperti yang ada di asrama dengan beberapa tamu yang lain.