Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat

Cara agar tidak digigit kutu loncat = cara agar tidak digigit kutu busuk, cara agar tidak digigit kutu kasur, cara agar kasur tidak ada kutu, cara agar tidak digigit tumila

Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat

Untuk mengetahui secara lengkap mengenai Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat maka silakan disimak dengan seksama pada artikel di bawah ini.

Apakah itu Kutu Loncat

Bedbugs atau kutu kasur atau kutu loncat ialah serangga kecil yang hidup dengan cara menghisap darah. Hewan ini umumnya sembunyi disekitaran tempat tidur, dan keluar saat malam hari untuk menggigit dan menghisap darah saat seorang tidur.

Kutu kasur sebagai serangga berupa gepeng dan warna kecoklat-coklatan. Serangga ini tertarik dengan panas badan dan gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia.

Kutu kasur dapat diberantas dengan membersihkan baju tidur dan seprai sama air panas, atau menyelimuti kasur dengan pembungkus yang rapat minimum sepanjang setahun.

Tetapi untuk memperoleh hasil lebih efisien, dianjurkan untuk memakai jasa penghilang serangga professional.

Tanda-tanda dan Pertanda Kutu Kasur

Kehadiran kutu kasur terkadang tidak diakui, karena serangga ini cuman keluar untuk menghisap darah saat malam hari. Sesudah menghisap darah sepanjang beberapa saat, kutu kasur akan balik ke arah tempat persembunyiannya.

Pertanda gigitan kutu kasur (bedbugs bites) ialah timbulnya bilur kemerahan di kulit, yang dirasa gatal atau seperti terbakar.

Ke orang yang baru pertama kalinya digigit kutu kasur, gatal tidak langsung akan berasa. Bahkan juga terkadang perlu waktu beberapa hari sampai gatal ada. Rasa gatal semakin lebih cepat berasa jika semakin kerap digigit oleh hewan ini.

Kehadiran kutu kasur dapat diketahui pada tempat tidur, yakni berbentuk:

  • Sisa darah pada tempat tidur
  • Flek hitam dari kotoran kutu kasur
  • Ada berbau ciri khas (berbau apek) pada tempat persembunyian kutu

Kapan harus ke dokter

Kontrol diri ke dokter jika ada reaksi serius karena gigitan kutu kasur, seperti gatal yang dirasa kronis, sisa gigitan yang membesar dan kemerahan, atau cedera lepuh pada tempat gigitan kutu.

Gigitan kutu kasur bisa mencederai kulit, terlebih jika tempat sisa gigitan digaruk. Kulit yang cedera itu bisa dimasuki oleh bakteri, yang bisa memacu infeksi kulit seperti selulitis. Selekasnya ke dokter jika ada tanda-tanda berikut ini:

  • Ngilu yang menyebar dari cedera gigitan kutu kasur.
  • Lebam dan kemerahan di sisa gigitan.
  • Kulit yang dirasa hangat jika digenggam.
  • Demam dan menggigil.
  • Bengkak kelenjar getah bening.
  • Keluar cairan atau nanah dari sisa gigitan.

Pemicu Kutu Kasur

Gigitan serangga ini terjadi saat seorang secara tidak menyengaja bawa kutu kasur ke arah tempat tidur. Ini dapat muncul karena kutu kasur sanggup merayap lewat baju atau benda lain, selanjutnya sembunyi disekitaran kasur.

Kutu kasur keluar pada malam hari untuk menghisap darah dan sembunyi pada siang hari. Selainnya disekitaran kasur, kutu kasur sering sembunyi di sejumlah tempat, misalnya:

  • Apartemen
  • Tempat kost
  • Asrama mahasiswa
  • Baju
  • Karpet
  • Tirai
  • Bantal
  • Beberapa benda disekitaran kasur
  • Ruangan dibalik sakelar lampu
  • Sela atau retakan pada perlengkapan

Kutu kasur seringkali diketemukan di lokasi yang ditempati beberapa orang, misalnya:

  • Rumah sakit
  • Pemondokan
  • Tempat evakuasi
  • Apartemen
  • Asrama mahasiswa
  • Alat transportasi

Analisis Kutu Kasur

Jika Anda berprasangka buruk digigit kutu kasur, selekasnya check tempat tidur dan rumah untuk pastikan kehadiran serangga ini. Pengecekan kemungkinan perlu dilaksanakan saat malam hari saat kutu kasur sedang aktif. Bintik darah atau flek hitam kecil dari kotoran kutu kasur kemungkinan dijumpai di kasur.

Bila Anda sangsi apa bilur kemerahan di kulit sebagai sisa gigitan kutu kasur ataulah bukan, selekasnya kontrol diri ke dokter.

Lewat pengecekan fisik, dokter bisa tentukan apa bilur merah itu disebabkan karena gigitan kutu kasur atau keadaan lain, seperti biduran atau cacar air.

Penyembuhan Kutu Kasur

Gigitan kutu kasur umumnya lenyap sendirinya dalam dua minggu. Tidak boleh menggaruk sisa gigitan meskipun gatal, karena bisa mencederai kulit dan mengakibatkan infeksi. Bila terjadi infeksi selekasnya ke dokter, dokter bisa memberi resep antibiotik.

Jika rasa gatal tidak tertahan, tanyakan sama dokter. Dokter bisa memberi cream hydrocortisone untuk dibalurkan ke tempat kulit yang digigit atau obat antihistamin yang diminum, seperti diphenhydramine.

Cara memberantas dan hilangkan kutu kasur

Sesudah tanda-tanda diatasi, kutu kasur harus selekasnya dibasmi. Berikut ialah cara memberantas kutu kasur yang dapat dilaksanakan secara berdikari:

  • Bersihkan baju, gorden, sarung bantal, dan seprai sama air panas, dan keringkan dalam temperatur panas.
  • Untuk barang yang tidak dapat dicuci, keringkan dalam temperatur panas sepanjang 30 menit.
  • Pakai alat pengisap debu untuk singkirkan kutu dari kasur dan tempat persembunyiannya. Jika banyak telur kutu di kasur, jemur kasur di lokasi yang panas atau tukar dengan kasur yang baru.
  • Buntel kasur dengan rapat untuk menahan kutu ke luar kasur. Kutu kasur bisa hidup sampai setahun tanpa makan, maka janganlah melepaskannya minimal sampai setahun.
  • Benahi sela atau retakan di tembok, lantai dan perlengkapan, agar tidak jadi tempat persembunyian kutu kasur.

Jika kutu kasur lumayan banyak, pembasmian harus memakai insektisida. Tetapi, dianjurkan untuk memakai jasa penghilang hama yang telah terlatih menggunakan bahan kimia beresiko. Yakinkan untuk menghindari diri, anak, dan hewan piaraan sepanjang proses pembasmian berjalan.

Kompleksitas Kutu Kasur

Gigitan kutu kasur bisa mengakibatkan reaksi alergi, dengan tanda-tanda berbentuk lebam yang dirasa ngilu dan gatal luar biasa disekitaran sisa gigitan. Pada beberapa kasus, gigitan kutu kasur dapat memacu anafilaksis, yakni reaksi alergi yang dapat memberikan ancaman nyawa.

Rutinitas menggaruk sisa gigitan kutu kasur, bisa juga memunculkan infeksi serius. Pengatasan genting harus diberi jika ada beberapa gejala berikut sesudah digigit kutu kasur:

  • Mual
  • Muntah
  • Demam
  • Menggigil
  • Pusing
  • Napas sesak

Penangkalan Kutu Kasur

Ada banyak cara yang dapat dilaksanakan membuat perlindungan diri dari gigitan kutu kasur, yakni dengan menyemprot cairan antiserangga, memasangkan kawat antiserangga yang dilapis dengan pestisida permethrin, atau menggunakan baju yang tutupi kulit.

Anda dapat lakukan langkah-langkah berikut untuk memperhitungkan munculnya kutu kasur di dalam rumah:

  • Check alas tidur dan sofa di kamar hotel, dan tempatkan tas atau koper di atas meja agar tidak dihinggapi kutu kasur.
  • Membersihkan sarang burung atau kelelawar di dalam rumah, karena kutu kasur bisa menumpang dalam tubuh burung atau kelelawar untuk beralih dari 1 tempat ke arah tempat lain.
  • Check dengan cermat bila beli kasur, bangku, atau sofa sisa, saat sebelum membawa masuk ke rumah.

Kutu Kasur Mengusik Tidur, Membersihkan dengan 5 Cara Ini

Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat
Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat

Saat bangun tidur, Anda berasa gatal tetapi bukan lantaran digigit nyamuk, siaga kemungkinan ada kutu kasur pada tempat tidur.

Kutu kasur umumnya aktif pada malam hari dan menggigit saat manusia tengah lelap. Memiliki bentuk yang kecil dan dapat loncat ke beragam pojok ruang.

Ada banyak cara untuk yang dilaksanakan untuk menyingkirkan kutu kasur. Untuk pastikan cara menyingkirkan kutu kasur yang Anda kerjakan cukup efisien, membersihkan semua kasur, tirai, karpet, dan tempat yang lain dapat menjadi tempat persembunyian kutu kasur.

Disamping itu, yakinkan tidak ada sela yang bisa saja akses masuknya kutu kasur. Kebersihan ruang tidur juga tidak perlu ditanya kembali, hukumnya harus.

Cara menyingkirkan kutu kasur dan atau Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat

1. Analisis tempat yang terserang kutu

Umumnya, orang akan rasakan ‘kehadiran’ kutu kasur saat mereka terjaga dengan keadaan kulit gatal dan kemerahan. Tidak boleh percuma kembali, selekasnya mencari di mana tempat yang kemungkinan menjadi tempat bersembunyi kutu kasur. Kenapa harus selekasnya? Pasti permasalahannya akan lebih besar saat kutu kasur telah tiba berkembang biak.

Ingat, badan kutu kasur yang memiliki ukuran mini membuat mereka bebas masuk ke sela sekecil apa saja. Coba mencari di tempat-area seperti beberapa sudut kasur, retakan di dipan, alas kasur, antara bantal, dalam toko listrik, dibalik wallpaper yang telah terkelupas, dan di bawah lukisan atau poster pada dinding.

Anda dapat memakai kaca pembesar dan senter untuk memudahkan proses penelusuran. Bila tidak kelihatan kutunya tetapi kelihatan butiran warna hitam, itu ialah feses dari kutu. Maknanya, kutu kasur memang jadi terdakwa khusus gatal-gatal yang Anda alami.

2. Berikan alkohol

Saat basis persembunyian kutu kasur sudah diketemukan, tuang 1 sdt alkohol ke arah tempat mereka ada. Cara ini akan menolong membunuh kutu kasur saat sebelum Anda bersihkan tempat itu.

3. Tangkap kutu kasur atau Loncat Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat

Cara menyingkirkan kutu kasur setelah itu tangkapnya hingga dapat dibuang. Pasti alat paling mudah untuk lakukan ini ialah memakai penghisap debu yang dapat capai tempat-area terselinap.

Tidak cuman kasur, wilayah laci, karpet, tirai, dan perlengkapan electronic di ruang tidur janganlah sampai lepas dari vacuum. Sesudah ketangkap, alihkan ke plastik yang tertutup rapat dan buang.

Sedapat mungkin, kosongkan isi vacuum pada tempat terbuka dengan perputaran udara yang bagus. Tidak boleh melakukan dalam kamar karena ada resiko kutu kasur kembali.

4. Bersihkan kain dan seprai Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat

Tidak cuman pastikan kutu kasur telah kebuang, cara menyingkirkan kutu kasur sampai habis selanjutnya ialah membersihkan kain, seprai, atau karpet yang kemungkinan telah terserang kutu. Bersihkan sama air bersuhu tinggi.

Bila tidak memungkinkannya untuk dicuci, taruh dalam tempat kedap udara sepanjang beberapa waktu. Cara ini dilaksanakan untuk pastikan kutu kasur betul-betul mati.

Jika masalahnya dengan perlengkapan yang tidak kemungkinan dicuci, kemungkinan telah waktunya membuangnya.

Janganlah lupa berikan tulisan atau pertanda jika perlengkapan seperti sofa atau bangku itu telah terserang kutu kasur agar tidak ada orang yang memakainya kembali.

5. Membersihkan rumah Cara Agar Tidak Digigit Kutu Loncat

Salah satunya hal yang membuat kutu kasur ‘betah’ ada di rumah Anda ialah beberapa sudut yang jarang-jarang dibikin bersih. Karena itu, waktunya membagikan waktu untuk bersihkan rumah dari perlengkapan atau benda yang tidak lagi kepakai.

Apabila sudah tidak dibutuhkan, sebaiknya dibuang. Janganlah sampai timbunan barang yang tidak lagi bermanfaat malah jadi sarang kutu kasur.

Disamping itu, tidak boleh juga mengalihkan beberapa benda dari ruang yang terserang kutu kasur ke arah tempat yang bersih. Ini sama dengan memerkenalkan kutu kasur ke lokasi baru.

Bila ada tempat yang rengat atau terbuka, selekasnya benahi. Wallpaper yang terkelupas seharusnya selekasnya ditempel kembali.

Selanjutnya, berikan jarak di antara kasur dan dinding agar kutu kasur tidak dapat naik. Cara menyingkirkan kutu kasur ini bisa saja efisien dan bisa saja tidak. Untuk jamin agar kutu kasur tidak balik lagi, coba kerjakan cara ini sepanjang beberapa saat secara periodik.

Jawaban Alodokter Penangkalan gigitan kutu loncat

Gigitan kutu dapat mengakibatkan kulit alami infeksi sampai berasa gatal, perih, memeras, dan ada beragam keluh kesah yang lain. Ke orang dengan type kulit yang peka, gigitan kutu bahkan juga dapat membuat kulit membesar, terkelupas, berair, dan sangat terasa mengusik.

Berdasar sebagian literatur, ada faktor-faktor yang mengakibatkan seorang beresiko semakin tinggi alami gigitan serangga dan kutu dibanding orang yang lain.

Factor itu salah satunya terkait dengan kelompok darah, tipe kulit, dan lain-lain. Tetapi, nampaknya keterikatan di antara masing-masing factor ini dengan liabilitas seorang digigit serangga dan kutu masih perlu ditunjukkan lewat riset selanjutnya.

Beberapa cara yang dapat Anda kerjakan untuk menangani gigitan kutu ialah seperti berikut:

  • Pakai repellent dan kelambu, khususnya saat tidur
  • Mandi teratur 2x satu hari dan gunakan baju yang bersih
  • Rajin membersihkan tangan dan memperpendek kuku
  • Prioritaskan baju yang panjang dan tutup badan Anda
  • Menjaga kebersihan rumah Anda, vakum furniture secara periodik, tukar gorden dan sprey secara teratur tiap 2 sampai 5 hari sekali, teratur sapu dan mengepel ruang
  • Benahi perputaran udara di dalam rumah
  • Jika selanjutnya Anda digigit kutu, tidak boleh menggaruk kulit yang gatal terlalu berlebih, tetapi cukup taburi bedak salycil atau berikan lotion calamine buat kurangi rasa gatalnya

Namun, jika lewat usaha di atas keluh kesah tidak lebih baik, Sebaiknya anda memeriksa diri langsung ke dokter specialist kulit ya..

Mudah-mudahan menolong.

Leave a Reply