Ternak Ayam Bangkok Lahan Sempit Ini Tipsnya

Ternak ayam bangkok lahan sempit pada dasarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Semua orang bisa menerapkannya sendiri. Bukan hal mustahil untuk diterapkan. Malah ada beberapa hal yang bahkan sangat bermanfaat karena bisa saling memberikan timbal balik dalam hal keuntungan.

SIMAK JUGA Ternak Ayam Bangkok Cara Sukses Budidaya

Sebaiknya cari tahu juga di penamu.my.id kandang umbaran ayam bangkok, ternak ayam petelur lahan sempit, desain kandang ayam lahan sempit, ternak ayam bangkok cepat panen, kandang ayam bertingkat di lahan sempit, ternak ayam rumahan tanpa bau, kandang ayam peternak muda, model kandang ayam umbaran

Hal terpenting bila kita memilih untuk beternak atau memiara unggas apa saja macamnya, kita harus mempersiapkan rumah atau kandang senyaman kemungkinan untuk ternak piaraan kita dan yang terpenting ialah mempermudah kita dalam perawatan.

Memang pembikinan kandang yang sembarangan tentu saja akan menyebabkan permasalahan yang tidak juga selesai tiap hari bahkan juga dapat membuat kita berserah dalam berusaha saat sebelum tujuan kita terwujud. Untuk lebih jelasnya silakan disimak tipdnya pada artikel ini hingga selesai.

Ternak Ayam Bangkok Lahan Sempit

Ternak ayam bangkok lahan sempit memang bukan perkara mudah. Tetapi bukan pula hal yang tak bisa dilakukan meski tak ditunjang oleh lingkungan atau pekarangan yang luas. Malah sangat bagus dilakukan kalau kita punya juga kolam ikan. Berikut penjabarannya.

Ternak ayam bangkok lahan sempit di atas kolam ikan

Ternak ayam bangkok lahan sempit sangat bisa dilakukan di atas kolam ikan. Oleh karena itu Agar semakin mengoptimalkan daya tampung ayam, kita bisa membuat kandang dengan gaya bertingkat hingga dalam kandang bisa memuat banyak ayam.

Dan Untuk kurangi kotoran ayam yang bersusun dan gampang dalam bersihkan, di bagian bawah kandang ditempatkan selembar tripleks yang bisa ditarik untuk buang kotorannya.

Jadi mekanismenya seperti kandang burung. Dan kandang bawah, kotoran ayam langsung akan masuk ke kolam ikan dan dikonsumsi lele atau ikan yang hidup di kolam itu. Kotoran ayam masih memiliki protein hingga baik untuk kurangi pengeluaran pakan ikan.

Jadi ada Skema perawatan dengan mekanisme tumpangsari itu memiliki beberapa keuntungan salah satunya:

  • Kalau Ternak ayam bangkok lahan sempit Kotoran ayam bisa dijadikan pakan ikan yang memiliki protein tinggi.
  • Ternak ayam bangkok lahan sempit Gampang bersihkan kandang.
  • Ternak ayam bangkok lahan sempit bisa Kurangi pengeluaran untuk pakan ikan.
  • Dengan gabungan pakan yang pas Ikan yang hendak bisa lebih cepat gendut. Dinisilah untungnya Ternak ayam bangkok lahan sempit.
  • Bisa kurangi kotoran berbau amoniak yang diakibatkan dari kotoran ayam kalau Ternak ayam bangkok lahan sempit.

Tetapi bila dalam tempat kandang tidak ada kolam ikan karena itu kita bisa manfaatkan lahan sempit dengan membuat kandang di atas lahan yang ada dengan mekanisme kandang postal litter.

Kandang itu bisa diubah dengan menempatkan kandang perawatan DOC ayam daerah di atas kandang pembesaran ayam daerah dengan mode postal litter.

Dengan demikian bisa mengirit tempat. Kandang perawatan DOC sendiri cuman dipakai sepanjang tiga minggu, menjadi lebih efisien jika ditempatkan di atas kandang pembesaran. Itulah Ternak Ayam Bangkok Lahan Sempit yang bisa dilakukan.

Kandang untuk Ayam Daerah Super terbagi dalam 2 kandang :

  • Kandang boks untuk DOC sampai usia tiga minggu. Kemampuan di dalam 1 mtr. persegi sekitar 60 – 70 ekor.
  • Pada usia tiga minggu anakan ayam daerah dipindah ke kandang pembesaran.
  • Untuk kemampuan per mtr. persegi dapat memuat 12 ekor ayam yang siap konsumsi.
  • Perkembangan ayam yang cepat dapat ditangani dengan membuat kandang yang diusapt.

Penyekat itu bisa digeser – geser sama sesuai perkembangan ayam. Makin besar usia makan kemampuan per mtr. makin dikurangkan.

Perawatan dan Pemakaian Kandang Ayam

Hal terpenting lainnya yang harus dilakukan apabila hendak Ternak Ayam Bangkok Lahan Sempit adalah Perawatan kandang ayam. Sebenarnya lumayan gampang cuman bersihkan kotoran ayam dan menyemprotkan dengan obat serangga secara periodik.

Bila kita malas bersihkan kotoran ayam kita dapat menyemprotkannya dengan cairan pemecah bakteri seperti EM4 agar kotoran tidak berbau atau terfermentasi.

Pemakaian kandang ayam tentu saja sesuai babak atau transisi ayam, sesudah ayam menetaskan telurnya kandang penetasan dapat kita obat sekalian menanti ayam lain tempati, begitupun untuk lainnya dan sebagainya.

Itu beberapa Bukti mengenai Ternak Ayam Bangkok Lahan Sempit yang dibikin, bila kita memiliki niat membuat kandang Ayam langkah pertama ialah membuat gagasan simpel dan mensurvei bahan baku kandang yang gampang didapat.

Cara-cara yang dapat Anda turuti untuk mengawali usaha ternak ayam bangkok.

Tidak harus mempunyai pengalaman, Anda yang pemula juga dapat mengaplikasikan langkah berikut ini:

  • Penyeleksian Indukan Ayam Bangkok

Langkah awal dalam usaha budidaya atau langkah ternak ayam Bangkok, yakni dengan menyortir indukan dengan cermat. Indukan ayam yang berkualitas terang akan hasilkan anakan yang berkualitas. Pilih indukan yang betul-betul sehat tanpa cacat. Beberapa ciri intinya, yakni indukan ayam kelihatan gesit, agresif, dan tidak ada cacat dalam tubuh luarnya.

Selainnya beberapa ciri itu, Anda bisa juga beli indukan di toko yang ramai. Toko yang ramai dapat memberikan indikasi jika toko itu sudah banyak dipercayai oleh customernya. Disamping itu, Anda bisa juga beli indukan yang mempunyai trek record sebagai juara. Ini dapat memberi kesempatan emas, yakni hasilkan anakan yang kuat saat bertanding di tempat.

  • Langkah ternak ayam bangkok yang ke-2  yakni membuat kandang

Kandang ayam bangkok sebagai salah satunya modal paling dasar dalam usaha ini. Ada banyak poin utama yang perlu Anda lihat saat membuat kandang ternak ayam bangkok.

Persyaratan membuat kandang ayam bangkok, salah satunya yakni:

Bila Anda mempunyai ayam tipe lain selainnya ayam bangkok, karena itu kandang ayam bangkok memiliki jarak minimum 5-6 mtr. dengan kandang tipe ayam yang lain.

  • Tentukan lokasi tanah yang datar supaya status kandang konstan atau mungkin tidak miring.
  • Taruh kandang di bawah pohon supaya kandang tidak begitu panas oleh cahaya matahari langsung, pohon berperan memberi perputaran udara (oksigen) yang bagus untuk ayam bangkok.
  • Beri aliran air yang bagus disekitaran kandang, supaya saat musim penghujan datang tidak ada air yang menggenang, hingga mempunyai potensi memunculkan komunitas nyamuk.
    Tentukan lokasi yang banyak oleh tanaman atau rumput supaya ayam dapat konsumsi makanan alami disekitaran kandang.
  • Seharusnya kandang tidak membelakangi arah matahari saat pagi hari, karena cahaya matahari pagi benar-benar baik untuk perkembangan ayam bangkok dan sanggup memperkuat ketahanan.
  • Pakai pagar sebagai pemisah tempat, tentukan pemisah yang lumayan kuat dan tinggi, ini supaya pagar atau pemisah tidak cepat hancur dan tidak gampang dilompati ayam.

Selainnya persyaratan di atas, selanjutnya Anda harus tentukan tipe kandang apa yang hendak dipakai sebagai rumah untuk ayam bangkok.

Beberapa jenis kandang yang pas untuk ternak ayam bangkok yakni:

  • Kandang Umbaran Unit

Kandang ini mempunyai bedeng yang lumayan luas untuk dapat dihuni seekor ayam. Ukuran yang bagus untuk kandang tipe ini yakni lebar 1 mtr., panjang 1,5 mtr., dan tinggi 2.5 mtr. Pada beberapa sisinya seharusnya memakai bahan yang terbuka.

Misalkan, dari keseluruhan tinggi 2,5 mtr., setengah sisi bawah memakai papan kompak, dan setengahnya kembali memakai jala kawat. Alasnya dianjurkan masih tetap memakai tanah alami supaya ayam dapat mengais-ngais tanah sebagai sikap alami.

  • Kandang Postal

Kandang tipe ini mempunyai ukuran yang sedikit kecil dibandingkan kandang umbaran unit. Ini karena kandang ini digunakan sebagai tempat untuk anakan ayam bangkok. Ukuran baiknya yakni lebar 0,8 mtr., panjang 1 mtr., dan tinggi 1 mtr.

Jumlah anakan ayam bangkok yang berada di dalamnya seharusnya tidak boleh lebih dari 15 ekor. Maksudnya terang supaya anakan tidak berasa sesak penuh, hingga batasi gerakannya. Alasanya berbentuk sekam padi, dan beri lampu supaya temperatur didalamnya masih tetap hangat.

  • Kandang Tidur

Berlainan dari ke-2  tipe kandang di atas, kandang tidur ini digunakan sebagai ruang tidur untuk beberapa ayam bangkok. Memiliki bentuk juga berlainan, kandang tidur umumnya dibikin lebih tertutup dan berupa pentas.

Alasnya tidak lagi berbentuk tanah, tetapi papan dengan tinggi sekitaran 1,5 mtr. di atas tanah. Susunan semacam ini sanggup memberi pelindungan pada ayam, terutamanya pada malam hari. Temperatur hangat dipercaya dapat membuat waktu istirahat ayam jadi lebih nyaman.

Desain Kandang Ayam Umbaran

Ada beberapa mode kandang ayam atau Desain Kandang Ayam Umbaran yang dapat Anda bikin, dan yang paling sehat untuk ayam ialah kandang minimalis mode umbaran. Ayam bebas berlarian di atas tanah dan dapat bebas bergerak.

Tiap orang punyai hoby untuk isi waktu senggang sekalian bisa hasilkan atas sesuatu yang disukainya. Walau, sekedar hanya hoby, tentu saja tidak salah jika Anda jadikan hoby sebagai pendapatan sambilan atau khusus kan?

Beberapa hoby yang bisa hasilkan seperti beternak, berkebun di kebun dan lain-lain dapat ditangani untuk isi waktu senggang di dalam rumah.

Untuk Anda yang ingin beternak ayam, karena itu seharusnya Anda telah mempersiapkan kandang ayam simpel sebagai tempat berlindung. Salah satunya mengenai Desain Kandang Ayam Umbaran.

Berikut sejumlah ide kandang ayam atau Desain Kandang Ayam Umbaran minimalis dengan beragam mode dan desain yang bermacam, menjadi rekomendasi kandang ayam Anda.

1. Kandang dari bambu di bawah pohon

Berlindung di bawah pohon membuat ayam jadi aman, nyaman dan terlindungi dari cahaya matahari. Kandang mode rumah semacam ini menjadi rekomendasi untuk kandang dari bambu. Pemakaian kayu bambu dengan atap dari plastik tidak membuat kantung Anda bobol. Penggunaan bahan ini termasuk murah dan bertahan lama.

2. Kandang ayam umbaran dari besi

Kandang untuk ayam potong umumnya benar-benar disarankan mempunyai tempat luas dan udara luar bisa masuk dengan bebas lewat jaring-jaring kawat. Penyeleksian kandang semacam ini membuat capaian ayam lebih luas dan tidak membuat stress. Disamping itu, pelindungan rumah semacam ini membuat terlindung dari peralihan cuaca.

3. Kandang ayam petelur simpel dari kayu dan kawat

Kandang dengan wujud trapesium unik dan nyaman untuk sang ayam berlindung. Disamping itu, kandang yang menghadap cahaya matahari bisa membuat ayam dapat berjemur sekalian kandang pentas kecil didalamnya menolong sang ayam untuk berlindung dari cuaca yang tidak pasti.

Leave a Reply