Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor

Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor pada dasarnya tidaklah memiliki nilai yang paten. Besarannya tergantung dari si peternak. Meski begitu ada ukuran baku untuk kandang ayam agar bisa leluasa bergerak dan merasa nyaman di dalam sangkarnya.

Jadi Ukuran Kandang Ayam Petelur yang Betul memang sangat layak untuk diperhatikan. APalagi kalau jenis ayam tersebut adalah jenis ayam petelur. Salah sedikit maka akan membuat ayam malas untuk menghasilkan atau memproduksi telur sebanyak yang diharapkan. Jadi silakan disimak artikel berikut di bawah ini hingga selesai.

Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

Jadi pada dasarnya Ukuran kandang ayam petelur harus sesuai jumlah ayam dan umur ayam yang hendak diternakan. Kenyamanan kandang penting untuk jadi perhatian karena bila ayam nyaman karena itu perkembangan akan jauh lebih bagus.

Kandang bisa membuat perlindungan ayam dari teriknya cahaya matahari, hujan, dinginnya malam, dan beragam gempuran hewan pemangsa yang bisa bikin rugi ayam. Disamping itu, kandang dapat memudahkan peternak untuk memiara ayam itu.

Faedah memakai kandang ayam dan tahu Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor

ukuran-kandang-ayam-petelur-50-ekor
ukuran-kandang-ayam-petelur-50-ekor

Berikut ini adalah manfaat atau faedah kalau beternak ayam dengan menggunakan kandang. Silakan disimak.

  • 1. Bisa memberi kenyamanan untuk ayam yang dipelihara
  • 2. Bisa memberi keringanan peternak dalam memiara
  • 3. Tidak bikin rugi seseorang atau pihak yang lain

Untuk kandang yang pas untuk ayam petelur yakni kandang sistem battery. Jenis kandang ini sangat banyak dipakai orang.

Kandang baterai ialah kandang yang mempunyai wujud seperti sangkar atau kurungan yang di atur berderet dan memanjang dan bertingkat.

Umumnya tiap sangkar dapat di isi 1 atau 2 ekor bergantung peternak sendiri. Tetapi hasil dari riset yang telah ada, pengisian 1 ekor per kandang lebih bagus.

Ternak Ayam Bangkok Cara Sukses Budidaya

Disamping itu kandang ayam battery dapat di ucapkan sebagai kandang ayam petelur kekinian yang murah tetapi tidak berkesan murahan.

Peternak dapat memakai material dasar pohon bambu, Polymer dan galvanis.

Untuk kandang bambu dapat dibuat sendiri, tetapi dengan ikuti dasar ukuran yang betul.

Jika Anda tidak mau ribet untuk membikin kandang petelur sendiri, Anda dapat beli langsung kandang yang memakai bahan dari Polymer atau galvanis dan ini akan mengirit waktu Anda pun.

Karena langkah membuat kandang battery dari polymer dan galvanis ini cukup sulit. Dan jika Anda ingin ringkas dan mengirit waktu langsung bisa beli ke penjual kandang battery.

Karena sekarang ini lumayan banyak yang jual atau sediakan kandang ayam baik kandang ayam dengan bambu atau berbahan polymer dan galvanis.

Berapakah ukuran kandang ayam petelur mekanisme battery? Jadi Ukuran kandang battery ayam petelur dan mode kandang ayam petelur setiap peternak tidak sama jadi bergantung dalam jumlah kemampuan ayam yang hendak diternakan.

Berikut ukuran standard kandang battery dan bisa disesuaikan dengan Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor:

1.Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm

Kandang dengan ukuran itu bisa memuat 8 ekor ayam dengan status kepala ayam dalam kandang. Ukuran kandang di atas di penyekat jadi 4 pintu dan setiap penyekat berisi 2 ekor ayam. Tentunya ukuran ini bisa diselaraskan dengan Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor.

2. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm

Kandang dengan ukuran itu sama dengan ukuran awalnya yang bisa memuat 8 ekor ayam petelur tetapi perbedaannya kepala pada ayam ini ada di luar. Artinya kita sisa menyelaraskan dengan Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor.

3. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm

Mode kandang ini sama dengan nomor 1. Kandang dengan ukuran ini bisa memuat 6 ekor ayam dengan kandang di penyekat jadi 6 pintu dan tiap pintu di isi 1 ekor saja. Ini bisa dikalkulasi sehingga bisa membuat kandang ayam dengan Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor.

4. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm

Ukuran kandang ini sama dengan mode nomor 3 namun ini versus minimalisnya. Kandang dengan ukuran di atas bisa memuat 6 ekor ayam.

Sebagai info saja ukuran kandang nomor 3 dan 4 mempunyai kelebihan yakni Anda dapat ketahui kualitas telur yang di menghasilkan dan bisa ketahui keproduktifan masing-masih ayam.. Tetapi kembali lagi semuanya bergantung dari peternak sendiri.

Berapakah ukuran kandang Ayam Petelur 50 ekor dan 100 ekor ?

Untuk ukuran kandang ayam petelur dengan kemampuan 50 ekor dapat dengan luas 10 mtr. persegi. Dan ukuran kandang ayam petelur 100 ekor dapat dengan luas 20 mtr. persegi. Tetapi untuk ukuran itu dapat di samakan dengan keadaan ayam.

Disamping itu ukuran kandang ayam petelur 500 ekor dan ukuran kandang ayam petelur untuk 1000 ekor peternak bisa sesuaikan ukuran luas perkandang dengan kemampuan ayam petelur yang diperlihara itu.

Berapakah ukuran kandang Ayam Petelur menurut ketentuan menteri pertanian ?

Menurut ketentuan menteri pertanian nomor 31 Tahun 2004 ukuran standard kandang ayam petelur dipandang dari jumlahnya komunitasnya yakni seperti berikut dan ini bisa disesuikan dengan kalau mau membuat kandang untuk Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor:

  • 100-500 ekor = luas kandang 50 mtr. persegi
  • 500-1000 ekor = luas kandang 100 mtr. persegi
  • 1000-1500 ekor = luas kandang 150 mtr. persegi
  • 1500-2000 ekor = luas kandang 200 mtr. persegi
  • 2000-2500 ekor = luas kandang 250 mtr. persegi
  • 2500-3000 ekor = luas kandang 300 mtr. persegi

Ukuran kandang ayam petelur ini dapat di samakan dengan luas tempat yang ada. Ini juga bisa disesuaikan dengan Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor. Yang paling penting upayakan ayam rasakan nyaman ada dalam kandang.

Leave a Reply