Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor

Ukuran kandang ayam petelur untuk 1 ekor – Aspek terpenting yang bisa memberikan dukungan keberhasilan beternak ayam petelur ialah menyiapkan kandang yang bagus untuk ternak ayam petelur.

Bersamaan pertambahan umur, beberapa peternak mulai lakukan pengembangan dalam manfaatkan keadaan yang ada. Jadi amat penting untuk ketahui Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor.

Terutama dalam menangani kebatasan tempat untuk ternak ayam petelur. Bila dahulu kandang ayam petelur dibikin dengan mode liter yang membutuhkan tempat yang luas, untuk bisa memuat ayam petelur yang banyak.

Sekarang, peternak ayam petelur mulai mengaplikasikan kandang mode battery. Dan ada yang khusus dibuat Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor saja.

Argumennya bukan hanya factor ketebatasan tempat saja. tetapi factor keproduktifan yang tidak optimal, karena ayam petelur bebas bergerak dalam kandang yang luas, hingga kebanyakan energi yang kebuang percuma.

Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

Terkadang battery sebagai kandang dengan wujud seperti sangkar, berupa kotak memanjang dan ada penyekat pada tiap ukuran tertentu. Untuk kandang petelur dengan mekanisme battery maka kini peternak bisa membuat dari berbahan. Ada yang dibuat dari bambu atau mungkin dengan kawat. Dan ukuran Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor tentunya disesuaikan.

Harga kandang ayam petelur dari bambu lebih murah dibandingkan dengan dengan kawat. Karena bahan dari bambu lebih gampang didapat dan harga benar-benar dapat dijangkau dan dapat menghemat pengeluaran pada peternak ayam petelur.

Dan untuk kandang battery yang dibuat dari kawat mempunyai ketahanan yang semakin kuat menjadi barang investasi untuk peternak karena tidak gampang hancur.

Tapi untuk pembikinan kandang battery mempunyai harga dan ongkos yang semakin besar dibandingkan pembikinan kandang secara umum.

Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor

ukuran-kandang-ayam-petelur-untuk-1-ekor
ukuran-kandang-ayam-petelur-untuk-1-ekor

Dalam masalah ini, tentukan ukuran kandang memang penting supaya ternak berasa nyaman. Penetapan ukuran bisa disamakan dengan keadaan tempat atau lingkungan Anda.

Ini keuntungan membuat kandang mode battery. Dengan membuat rekonsilasi, dibanding sesuaikan keadaan ukuran, ini akan mempengaruhi keproduktifan dan kesehatan ternak ayam petelur. Saat ukuran kandang tidak bisa disamakan dan terlampau besar, itu akan memengaruhi beban ongkos. Jadi ada banyak hal yang mesti diperhatikan kalau mau buat Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor.

Ternak Ayam Bangkok Cara Sukses Budidaya

Pada intinya, wujud kandang ini dibuat dalam arah memanjang dan memberi dinding penyekat Kevil. Untuk ukuran sendiri, Anda bisa sesuaikan dengan tempat yang Anda punyai, atau memakai rekomendasi ukuran kandang battery yang telah diterangkan di atas.

Saat membuat kandang tipe ini, sirkulasi depan, belakang dan atas benar-benar terbuka. Harus ada kecondongan tertentu pada bagian bawah atau Alanya hingga telur dapat bergulir di depan. Di lantai jadi sedikit terentang, telur tidak jatuh, dan debu akan selekasnya jatuh.

Kesimpulannya ukuran kandang ayam petelur untuk 1 ekor bisa disesuaikan dengan Ukuran kandang battery di tiap kotaknya sekitar 30 – 35 cm (lebar), 45 cm (panjang) dan 60 cm (tinggi).

Jadi kalau dikalkulasi Untuk ukuran kandang ayam petelur untuk 50 ekor dapat memakai kandang mekanisme battery dalam jumlah 5 ekor ayam untuk satu kotak kandang battery.

Untuk lantai dasar pada kandang battery harus dibikin cukup miring, ini dilaksanakan supaya telur bisa menggelinding dan memberi keringanan peternak dalam pegambilan telur. Jadi itulah Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor yang mesti diperhatikan.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Dari Kawat

Langkah membuat kandang ayam petelur rasio kecil atau jumlah besar

Cara membuat kandang ayam petelur mekanisme battery peternak bisa lebih dulu pilih bahan pembikinnya di antara bambu atau memakai kawat.

Kami dari hobyternak.com merekomendasikan supaya pembikinan kandang battery memakai bahan bambu selainnya harga kandang ayam petelur dari bambu yang murah dan berbahan juga gampang didapat.

Proses penghasilan ayam petelur dalam kandang batrai diupayakan dua minggu saat sebelum masuk periode bertelur Saat sebelum kandang battery dibikin karena itu peternak harus lebih dulu membuat atap kandang khusus yang terdiri dari tiang dan atap.

Hal itu dilaksanakan supaya membuat perlindungan kandang battery dari terik matahari dan hujan. Untuk lantai pada kandang peternak tak perlu disemen hanya memakai tanah saja, karena tanah semakin kuat pada proses peresapan kotoran ayam.

Untuk dinding kandang, peternak tak perlu membuat, karena ayam petelur telah ada di dalam kandang battery itu. Ini bisa disesuaikan dengan Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor saja.

Ukuran Kandang Ayam Petelur 50 Ekor

Formasi Kandang Type Battery

Makin mengembangnya tehnologi yang makin maju, karena itu pembikinan kandang battery secara bertingkat untuk ayam petelur juga makin mengalami perkembangan dan bisa saja untuk diaplikasikan oleh beberapa peternak.

Adapun formasi kandang battery ialah seperti berikut :

Pengaturan Kandang Battery bermanfaat untuk mempermudah peternak dalam ambil telur

  • Formasi kandang beterai satu tingkat sama-sama bertolak-belakang atau bertemu
  • Formasi Kandang battery dua tingkat sama-sama bertolak-belakang atau bertemu
  • Formasi kandang tiga tingkay sama-sama berangkat belangang berupa piramida atau bertemu berupa segitiga kebalik.
  • Kandang battery secara vertical
  • Dalam pembikinan kandang battery dengan share tingkat itu peternak harus juga selalu memerhatikan luas kandang, temperatur pada kandang kelembapan udara, penerangan dan lain-lain.

Ukuran pembikinan kandang ayam petelur mekanisme battery

Untuk jumlah tingkat kandang battery yang disarankan oleh beberapa peternak dengan bersusun 2 tingkat atau 3 tingkat saja, hal itu dilaksanakan supaya kotoran tidak menimbun hingga tidak menimbukan berbau yang menyengan dan bisa kurangi kandungan amonia dalam kandang.

Ukuran Kandang Ayam Petelur 100 Ekor

Kelebihan serta kekurangan pemakaian kandang battery pada budidaya ayam petelur

Kelebihan pemakaian kandang battery pada budidaya ayam petelur

  • Irit dalam pemakaian tempat dan kandang
  • Memberi keringanan peternak dalam perawatan
  • Ayam tidak banyak keluarkan tenaga hingga keproduktifan telur ayam. makin bertambah.
  • Transisi udara jadi lebih bersih karena kotoran lansung jatuh ke lantai.
  • Memuat ayam petelur dengan jumlah banyak.
  • Mempermudah peternak dalam pengaturan penyakit
  • Pembagian pakan yang lebih rata

Kekurangan pemakaian kandang battery pada budidaya ayam petelur

  • Ongkos kandang lebih mahal
  • Permasalahan ayam petelur yang gampang terkena penyakit kelumpuhan

Itulah pembahasan singkat mengenai Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor yang kiranya bisa jadi bahan pertimbangan membuat kandang.

Cara Merawat Ayam Bangkok Umur 3-6 Bulan

Leave a Reply