Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dan Gemuk

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dan Gemuk tentu ada beberapa hal yang perlu diprioritaskan. Itu karena seperti tipe ayam yang lain, dalam beternak ayam bangkok, kualitas racikan pakan ialah cara yang sangat penting untuk jadi perhatian.

Sebaiknya cari tahu juga cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan, agar ayam cepat besar dan tinggi, pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar, makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk, agar ayam bangkok tumbuh besar dan tinggi, makanan yang tidak boleh dimakan ayam bangkok, pakan ayam umur 1 bulan agar cepat besar, jamu agar ayam cepat besar

Lihat Juga Ternak Ayam Bangkok Cara Sukses Budidaya

Jadi Jika kalian inginkan ayam bangkok cepat besar, gemuk, sehat, dan kuat, karena itu pemberian pakan harus tepat serta memiliki kandungan gizi yang tinggi. Jadi seorang peternak ayam bangkok, kita perlu tahu apa makanan yang tepat buatnya.

Banyak orang lebih memercayakan pakan racikan (rasum) untuk hewan piaraannya. Pakan racikan ialah sebuah gabungan beragam tipe bahan dan alternative makanan alternatif.

Beberapa bahan yang biasa dipakai diantaranya ialah, voer, dedak, jangung, beras merah, ekstrak, dan beberapa pakan peragian untuk ayam bangkok.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dan Gemuk

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar (Berdasar Umur)

Ayam bangkok terhitung dalam tipe ayam pengaduan, hingga racikan pakannya akan berlainan dengan tipe ayam yang lain.

Berikut ini kami sudah memberi racikan pakan untuk ayam bangkok berdasar umurnya. Pakan Ayam Bangkok Usia 2-14 Hari (Awalnya Menetas) olehnya itu penting dipelajari racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar.

Baca Juga Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Misalnya. Semenjak dua hari dari sejak awalnya menetas, anak ayam cukup diberi air minum dengan kombinasi vitamin.

Kemudian, beri voer memiliki tekstur lembut, karena di usia itu anak ayam masih belajar mematuk dan tidak dapat menelan makanan memiliki ukuran besar.

Gizi yang diperlukan untuk anakan umur ini yakni cuman protein dan lemak. Karenanya, makanan yang paling tepat ialah tipe pakan ayam pedaging.

Selainnya ukuran yang cocok, kandungan protein dan lemak cukup tinggi hingga menolong ayam cepat besar dan tinggi.

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar Usia 2 Minggu – 1 Bulan (Anakan)

Pada umur dua minggu sampai 1 bulan, anak ayam bangkok mulai aktif cari makan sendiri. di bentang umur itu keperluan gizinya terus berbeda.

Baca Juga Cara Merawat Ayam Bangkok Umur 3-6 Bulan

Agar anakan cepat besar, formasi nilai gizi yang paling tepat di usia 0-14 hari ialah protein 20%, lemak 3%, dan serat 6%.

Untuk penuhi keperluan gizi itu, kalian dapat memakai jagung, bekatul, dan tepung ikan dengan perbedaan 2:3:1.

Namun, bila kalian menambah sendiri makanan dengan manual, kandungan gizinya tidak bisa diukur secara tepat serta bisa beralih-alih.

Karenanya, umumnya peternak ayam bangkok cenderung pilih memakai pakan pabrikasi untuk anakan umur itu. Kalian dapat memakai voer HI-PRO-VITE 591 karena zat gizi yang terdapat telah diukur secara imbang dan tepat.

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar Usia 1 – 3 Bulan (Remaja)

Masuk umur remaja, ayam bangkok mulai akan kerap diobral di luar kandang. Namun tetap harus terbatasi, karena di usia ini ayam masih gampang terkena penyakit. Karenanya, beri makanan yang bisa menambahkan kekebalan agar ayam lebih tahan pada penyakit.

Baca Juga Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan

Pakan yang paling cocok atau racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yakni dengan memberi tipe voer khusus dengan tingkatan seperti berikut:

  • Voer 591 untuk ayam bangkok usia 1 bulan;
  • Voer 592 untuk ayam bangkok usia 2 bulan;
  • Voer 593 untuk ayam bangkok usia tiga bulan.

Untuk menambahkan gizi dan mengirit ongkos, kalian dapat menambahnya berbahan berikut ini:

  • Ampas tahu
  • Nasi
  • Menir jagung
  • Tepung ikan

Gabungkan racikan itu sama sesuai keperluan ayam bangkok kalian.

Baca Juga Ternak Ayam Bangkok Lahan Sempit Ini Tipsnya

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar Usia 3 – 6 Bulan (Menengah)

Di umur 3-6 bulan ayam bangkok semakin lebih aktif di luar kandang untuk cari makan sampai belajar bertanding. Bila dilepaskan di luar kandang, energi ayam semakin lebih terkuras, karena itu kalian perlu memberi pakan yang bisa memberi energi lebih buat ayam bangkok.

Untuk menambahkan energi ayam, kalian bisa memberi racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar atau racikan pakan khusus yang dibuat dari kombinasi voer dan beras merah.

Umumnya peternak memakai voer dengan code 593 dan 594. Kalian bisa juga memberi tambahan suplemen seperti, kalsiun dan vitamin B kompleks yang berperan untuk perkembangan tulang dan bulu-bulu, serta menolong ayam gemuk dan cepat besar.

Baca Juga Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar Usia 6 – 8 Bulan (Dewasa)

Ayam bangkok usia 6 sampai delapan bulan telah termasuk dewasa. Kalian dapat memberi pakan yang lebih variasi karena pencernaan ayam dewa telah termasuk kuat.

Untuk tipe ayam petarung seperti ayam bangkok ini, kalian harus memberi makanan tinggi protein, yang perannya bisa membuat otot yang kuat.

Bahan yang biasa dipakai untuk racikan pakan ialah beras merah, karena mempunyai protein dan sanggup tingkatkan energi untuk ayam bangkok.

Karena beras merah harga masih termasuk mahal, kalian bisa memadukannya dengan nasi dan voer dengan code yang lebih tinggi. Racikan itu bisa diberi berbentuk basah atau kering.

Membuat sendiri racikan pakan ayam bangkok sangat gampang. Pada ini, kalian dapat bereksperimen untuk kombinasi pakan yang terbaik diserahkan ke ayam.

Pembikinan racikan pakan mempunyai tujuan untuk mengirit ongkos. Tetapi, kalian janganlah lupa dengan gizi yang diperlukan ayam perliharaan.

Bila semua proses yang kalian kerjakan betul, peluang besar kualitas ayam bangkok akan bertambah dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Olehnya itu racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar penting pula untuk diperhatikan.

Faedah Pakan Racikan Untuk Ayam Bangkok

Kami akan menerangkan faedah apa yang didapatkan bila membuat sendiri pakan racikan untuk ayam bangkok. Berikut keuntungan dan keunggulan memberi pakan bikinan sendiri untuk ayam bangkok:

  • Membuat pakan racikan sendiri bisa mengirit ongkos pengeluaran, karena mengombinasikan beberapa alternative bahan yang tambah murah.
  • Kalian dapat ketahui gizi yang diperlukan untuk ayam bangkok dan memberinya dengan ukuran yang tepat.
  • Dengan pakan memiliki nutrisi, sanggup tingkatkan kesehatan dan kualitas bertanding ayam hingga mendapatkan hasil yang optimal.
  • Bisa menyamakan pakan yang berkualitas rendah dengan menkombinasikan dengan pakan berkualitas tinggi.

Hal paling penting yang harus anda lihat agar anakan ayam cepat tumbuh tinggi besar adalah :

  • Kualitas tulangan, berat dan besarnya indukan dan pejantannya harus sama sesuai dalam pengertian, bila ingin mempunyai anakan yang nanti dapat sampai ukuran 7 karena itu minimum paceknya ukuran 8 dan babonnya yang jumbo.
  • Skema pakan untuk pacek dan babon juga harus jadi perhatian, jadi kita awali dengan memberi pakan berkualitas untuk indukan dan pejantan agar kualitas telur prima.
  • Sesudah indukan menetas, dimulai dari tetasan hari awal, janganlah lupa voer 591 atau AD1 digiling lembut, dan janganlah sampai anakan kekurangan makanan, dasarnya siapkan terus makanan dan minuman, pokoknya kita diamkan anakan itu makan sesukanya, sebanyak-banyaknya.

******

Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar

Pakan ayam salah satunya persyaratan dalam budidaya ayam yang perlu jadi perhatian dan ikut dalam keberhasilan anda di dalam meraih hasil yang optimal. Selain daripada itu hal terpenting adalah mempelajari Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar.

Tetapi untuk pakan terkadang kita beli dalam jumlah harga yang mahal dan pasti itu banyak dirasakan oleh beberapa peternak.

Harga pakan yang naik tidak diimbangi pada harga ayam per potong, harga ayam tetap tidak naik walaupun harga pakan benar-benar mahal.

Supaya kita tidak rugi dan masih tetap dapat beradabdaya ayam karena itu kita harus menyiasati dengan pakan alternative dan meramu pakan bikinan sendiri, untuk tekan jumlah harga yang mahal. Dan mempelajari Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar.

Cara ini benar-benar efisien buat anda yang budidaya ayam kampung, ayam negeri, dan tipe ayam yang lain.

Selainnya mengirit ongkos yang kita mengeluarkan pakan alternative banyak perannya, seperti menambahkan selera makan ayam, tahan pada penyakit, tingkatkan produktifitas telur ayam kampung, menambahkan berat ayam pedaging dan ada banyak kembali.

Dalam membuat pakan alternative ayam kampung ini dibutuhkan beberapa bahan khusus dan bahan tambahan sebagai kunci untuk tekan ongkos pakan untuk ayam kampung, beberapa bahan yang dipakai ini dianggap tidak begitu susah untuk diketemukan karena dipercaya bahan itu dapat gampang diketemukan di tempat kalian, untuk secara lengkap berkenaan bahan yang dipakai dapat menyaksikannya di bawah ini.

Anda memerlukan beberapa bahan untuk mengawali pembikinan pakan, dan dipikir anda dapat menelusurinya di sekitar anda tinggal, berikut ialah beberapa bahan dan cara mebuatannya.

Cara membuat pakan alternative untuk ayam kampung atau Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, yakni sebagai berikut:

  • Pohon talas

Pohon talas menyebar di Indonesia dan sudah tentu anda akan mudah memperoleh bahan ini, pakai umbi talas selanjutnya anda cingcang sampai lembut, sisi tangkai dan daun bisa juga dikasih ke ayam dengan cara yang serupa yakni mencingcangnya, yang jangan diberi ialah sisi akar pohon talasnya. Anda dapat menambah umbi, tangkai dan daun talas untuk jadi pakan.

  • Beras dolog atau catu

Anda sudah tentu tahu mengenai beras dolog atau catu beras tipe ini lebih murah dibanding dengan tipe beras secara umum, bila anda memberli beras ini pasti tambah murah dari pakan yang umumnya anda membeli.

  • Dedak bekatul

Didapatkan dari pabrik penggiling beras, anda dapat membeli disitu. Dedak ada dua tipe yakni yang lembut dan yang kasar, anda dapat memakai dedak lembut untuk pakan ayam tetapi dedak kasar bisa juga dipakai tetapi tidak boleh kebanyakan.

  • Tepung tulang

Tepung tulang dapat anda peroleh ditoko perternakan paling dekat, sebetulnya bahan ini tidak begitu diperlukan, tetapi bila anda membuat pakan untuk ayam petelur anda harus menambahnya. Tepung tulang kaya gizi untuk pakan, jadi anda sebaiknya tambah untuk membuat bertambah kandungan nutrisi untuk ayam.

Kalau anda telah kumpulkan beberapa bahan di atas, saat ini anda akan membuat pakan tersebut. Turuti Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar di bawah ini :

Untuk ukuran dan formasi yang hendak dibikin mengambil contoh seberat 2 kg, anda perlu menambah 1 kg umbi talas, ½ kg beras, ½ kg dedak dan tepung tulang 1 sdm, bila untuk ayam tipe petelur anda dapat menambahya 1 – 2 sendok.

Alat yang harus disiapkan sebelum menerapkan Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar :

  • 1. Pisau cingacang
  • 2. Talenan
  • 3. Ember
  • 4. Kompor
  • 5. Drum

Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar:

  • 1. Cingcang talas sampai lembut atau kecil-kecil cukup 1 cm.
  • 2. Saran cingcangan pohon talas di dalam ember dan campur dengan beras dolog, dedak, dan tepung tulang.
  • 3. Aduk sampai seemuanya rata.
  • 4. Saran air seperlunya.
  • 5. Selanjutnya rebus seluruh bahan di dalam drum.

Yakinkan seluruh bahan remuk dan tercampur rata, membuat dalam jumlah besar jadi untuk rebus bahan pakan memakai drum sisa. Anda dapat rebus dengan apa saja yang perlu bahan dapat direbus.

Sesudah anda rebusnya, selanjutnya anda dapat keringkan sampai pakan bikinan anda dingin, pakan yang anda bikin saat ini dapat dikasih ke ayam pliharaan anda.

Faedah dan keuntungan yang anda bisa dari pembikinan pakan bikinan sendiri itu  lebih hemat dan bisa tingkatkan produktifitas telur bisa juga tekan ongkos pakan sampai 50 %, kandungan nutrisi yang tinggi bisa menaikan berat ayam hingga pemasaran ayam dapat semakin terjaga.

Biasanya dalam kurun waktu 7 hari ayam anda tidak ingin mengkonsumsinya, ini karena ayam anda belum terlatih dengan pakan bikinan kita. Tetapi lama-lama ayam piaraan kita pasti terlatih dan mengkonsumsinya . Maka anda tidak perlu untuk memberli pakan yang perlu kuras dompet anda. Kalau dapat irit mengapa tidak.

Makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk

Bila kamu ketidaktahuan pilih pakan ayam yang bagus atau Makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk, kamu bisa menyaksikan beberapa makanan alami yang sehatkan untuk unggas berikut ini!

Pakan Ayam Alami Terbaik dan Makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk

1. Pakan Ayam Jagung Giling

Jagung yang sudah digiling ialah makanan terbaik yang dapat kamu beri pada ayam.

Kandungan dan gizi pada jagung juga sehatkan untuk ayam.

Pada jagung giling, kamu bisa mendapati serat, vitamin C, asam lemak, omega-6, vitamin B, kalium, dan banyak gizi yang lain.

Baca Juga Cara Meninggikan Ayam Bangkok Umur 3 Bulan

2. Pelet Makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk

Pelet ialah makanan hewan murah yang dibuat berbahan makanan yang lewat proses penggilingan dan pecanduan.

Biasanya pelet dipakai sebagai makanan untuk ikan atau ayam dan benar-benar disukai oleh peternak ayam karena harga yang murah.

Pelet untuk ayam dibuat dari beragam tipe makanan, seperti sayur, kunyit, dedak, vitamin, tepung ikan, kedelai, jagung, bekatul, dan air bersih.

Baca Juga Kandang Ternak Ayam Bangkok yang Bagus

3. Pakan Ayam Sampah Gandum Makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk

Sampah gandum atau pollard datang dari sampah penggilingan gandum yang beralih menjadi terigu.

Pakan ini memiliki kandungan serat kasar dan energi metabolisme yang rendah.

Pemberian pakan ini bagusnya kamu selingi dengan pakan yang lain kaya protein, seperti kedelai, ikan, dan susu.

4. Dedak atau Bekatul

Pakan yang ini seringkali jadi unggulan beberapa peternak ayam.

Dedak datang dari sampah penggilingan beras putih, bekatul, protein, natrium, dan lemak.

Karena gizinya yang kurang komplet, sebaiknya kamu menyisipi dedak dengan pakan lain supaya gizi ayam tercukupi.

5. Ubi yang Sudah Dicincang

Kandungan protein dan serat pada ubi sangat tinggi, hingga cukup sehatkan untuk ayam.

Tetapi, kamu harus berhati-hati saat memberi pakan ini karena daun ubi mempunyai toksin yang beresiko untuk hewan.

6. Tepung Tulang

Pakan ini dibuat dari tulang ikan dan ayam yang tidak dibutuhkan kembali oleh peternakan.

Tepung tulang mempunyai nilai nutrisi yang besar, seperti fosfor, kalium, natrium, mangan, kalsium, dan magnesium.

Salah satunya tipe tepung tulang yang bagus diberi pada ayam ialah tepung tulang ikan tuna karena kalsiumnya yang tinggi dan bisa menahan ayam alami pelapukan tulang.

*********

vitamin ayam bangkok agar cepat gemuk

Penamu.my.id kali ini akan membahas lebih dalam berkenaan 5 referensi vitamin ayam bangkok agar cepat gemuk atau broiler agar cepat besar:

1. NEOBRO vitamin ayam bangkok agar cepat gemuk

Neobro sebagai salah satunya referensi vitamin ayam broiler agar ayam broiler cepat besar. Vitamin ini juga salah satu vitamin ayam bangkok agar cepat gemuk

Neobro sebagai salah satunya suplemen pakan yang memiliki kandungan kandungan asam amino dan multivitamin yang bisa penuhi gizi ayam bangkok atau broiler.

Umumnya neobro dipakai pada usia ayam dari 0-9 minggu.

Untuk usia ayam 0-6 minggu memerlukan 1 gr/2 Liter air atau 1 gr/1 kg ransum.

Untuk usia ayam 6-9 minggu memerlukan 1 gr/3 Liter air atau 1 gr/1,5 kg ransum.

Neobro mempunyai beberapa faedah, salah satunya:

  • Bisa menolong lengkapi keperluan vitamin dan asam amino yang diperlukan ayam bangkok atau broiler untuk perkembangan
  • Bisa tingkatkan efektivitas ransum dan membuat ayam lebih cepat besar dan sehat
  • Bisa menahan ada stress dan gempuran penyakit karena neobro bisa tingkatkan ketahanan badan ayam bangkok atau broiler
  • Benar-benar direferensikan sebagai vitamin untuk perkembangan satu ekor ayam bangkok atau broiler

2. Viterna vitamin ayam bangkok agar cepat gemuk

Viterna sebagai vitamin untuk penggemuk hewan-hewan ternak, satu diantaranya ialah ayam bangkok atau broiler.

Viterna ini sebagai vitamin ternak yang dikeluarkan oleh PT Alami Nusantara yang dipakai untuk tingkatkan keproduktifan peternakan yang berada di Indonesia.

Faedah viterna yang diperlukan oleh ayam bangkok atau broiler ini banyak, salah satunya:

  • Percepat perkembangan dan perubahan ayam
  • Bisa turunkan angka FCR, hingga bisa turunkan pembagian ongkos pakan
  • Bisa tingkatkan kualitas daging ternak dengan kurangi kandungan cholesterol
  • Bisa tingkatkan daya taha badan untuk menghindar ada gempuran penyakit
  • Bisa kurangi berbau pada kotoran pada ayam dan kotoran itu lebih kering hingga bisa turunkan komunitas lalat yang mengerumuni kotoran itu
  • Tingkatkan selera makan
  • Bisa memicu beberapa enzim pencernaan hewan ternak
  • Berdasar faedah itu, karena itu viterna menjadi satu diantara referensi vitamin terbaik untuk diserahkan ke ayam bangkok atau broiler agar cepat besar dan kerap dipakai oleh beberapa peternak ayam bangkok atau broiler.

3. Masamix Gan Premix vitamin ayam bangkok agar cepat gemuk

Masamix sebagai salah satunya suplemen penyebab yang dipakai untuk memicu perkembangan ayam bangkok atau broiler.

Masamix ini murni mempunyai kandungan asam amino, enzim, dan asam organik.

Jumlah yang disarankan memakai masamix gan premix ini ialah sejumlah 2,5 kg – 5 kg.

Masamix Gan Premix ini mempunyai faedah yang berguna untuk ayam bangkok atau broiler, salah satunya:

Percepat dan menggairahkan perkembangan
Tingkatkan kualitas ransum
Menahan defisiensi vitamin dan asam amino
Bisa menambahkan selera makan
Bisa tingkatkan efektivitas pemakaian ransum
Bisa turunkan FCR

4. Biozyme Broiler juga bisa dijadikan sebagai vitamin ayam bangkok agar cepat gemuk

Biozyme sebagai salah satunya suplemen khusus untuk ternak ayam bangkok atau broiler yang bisa dipakai untuk tingkatkan alterasi protein pakan jadi protein otot agar ayam bisa tumbuh lebih cepat.

Biozyme memiliki kandungan crude protease (enzim pencernaan) dan inducer tirosin (hormon perkembangan) sebagai pemacu perkembangan AGP pada pakan ternak ayam bangkok atau broiler.

Jumlah yang dipakai untuk memakai biozyme bangkok atau broiler ialah 1 ml/ 1 Liter air diberi sekitaran 4-6 jam tiap hari.

Umumnya 1 botol biozyme, bisa dipakai untuk 1000 ekor ayam.

Hal itu membuat beberapa peternak bisa mengirit ongkos pengeluaran karena biozyme bisa dipakai untuk 1000 ekor ayam bangkok atau broiler.

Adapun beberapa faedah biozyme bangkok atau broiler, salah satunya:

  1. Kurangi berbau kotoran pada kandang ayam broiler
  2. Alternatif AGP pakan ternak ayam broiler
  3. Tingkatkan kekuatan untuk mempernyerap gizi yang ada
  4. Menolong memperlancar proses pencernaaan

5. Vitabro vitamin ayam bangkok agar cepat gemuk

Vitabro sebagai salah satunya suplemen vitamin ayam bangkok atau broiler yang bagus untuk perkembangan ayam broiler dan murah.

Vitabro ini lebih disarankan dipakai untuk beberapa ayam bangkok atau broiler jantan.

Jumlah yang dipakai vitabro harus seperti yang disarankan, karena bila melewati jumlah yang disarankan menjadi toksin untuk ayam bangkok atau broiler.

Faedah vitamin vitabro ini ialah:

  • Menambahkan selera makan
  • Menggairahkan perkembangan ayam bangkok atau broiler
  • Menahan ada stress dan avitaminosis
  • Menolong proses pembangunan tulang

6. Biotogold Microgen

Biotogold Microgen sebagai salah satunya suplemen vitamin yang dipakai untuk tingkatkan mekanisme imun dan perkembangan ayam broiler.

Kandungan probiotik pada biotogold microgen special gizi untuk ayam pedaging.

Kandungan itu salah satunya phaleria macrocarpa, avicennia maria, zingiber officinale, curcuma sp, lactobacillus sp, rhodopseudomonas sp, actinomycetes, yeast/saccharomyces, streptococcus, dan lactococcus.

Biotogold microgen memiliki beberapa faedah penting untuk ayam bangkok atau broiler, salah satunya:

  1. Tingkatkan perkembangan berat pada ayam
  2. Tingkatkan metabolisme nutrien
  3. Tingkatkan kekebalan badan
  4. Tingkatkan kecernaan gizi pakan
  5. Tingkatkan indeks prestasi broiler

Nach, tersebut sedikit info dari Chickin Indonesia berkenaan beberapa referensi vitamin ayam broiler agar broiler cepat besar.

Dengan ketahui apa referensi vitamin itu, karena itu kamu sebagai peternak bisa memakai beberapa referensi vitamin ayam itu untuk dipakai agar ayam bangkok atau broiler kalian mempunyai kualitas yang bagus dan cepat besar.

Dengan demikian, keuntungan beternak ayam bangkok atau broiler jadi lebih optimal.

Originally posted 2022-03-11 14:06:43.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *