Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dan Gemuk

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dan Gemuk perlu diperhatikan. Seperti type ayam yang lain, dalam beternak ayam bangkok, kwalitas racikan pakan merupakan cara yang sangat penting untuk menjadi perhatian. Kalau menghendaki ayam bangkok cepat besar, gemuk, sehat, dan kokoh, pemberian pakan harus tepat serta punya kandungan gizi yang tinggi.

Sebaiknya cari tahu juga cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan, cara meninggikan ayam bangkok umur 6 bulan, agar ayam cepat besar dan tinggi, pakan ayam umur 3 bulan agar cepat besar, makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk, agar ayam bangkok tumbuh besar dan tinggi, pakan ayam umur 4 bulan agar cepat besar, jamu agar ayam cepat besar

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan

Jadi orang peternak ayam bangkok, butuh ketahui apa makanan yang tepat untuk ayamnya.

Banyak orang lebih memercayakan pakan racikan (rasum) untuk hewan piaraannya. Pakan racikan merupakan suatu gabungan beberapa type bahan dan preferensi makanan alternatif.

Beberapa bahan yang biasa dipakai misalnya merupakan, voer, dedak, jangung, beras merah, ekstrak, dan beberapa pakan peragian untuk ayam bangkok.

Fungsi Pakan Racikan Untuk Ayam Bangkok

Awalnya, kami dapat mengatakan fungsi apa yang diperoleh kalau bikin sendiri pakan racikan untuk ayam bangkok.

Berikut di bawah ini keuntungan dan keunggulan berikan pakan produksi sendiri untuk ayam bangkok:

  1. Bikin pakan racikan sendiri bisa mengirit cost pengeluaran, lantaran menggabungkan beberapa preferensi bahan yang tambah murah.
  2. Kalian dapat mengenal gizi yang diperlukan untuk ayam bangkok dan memberi dengan ukuran yang cocok.
  3. Dengan pakan miliki nutrisi, bisa menambah kesehatan dan kwalitas berhadapan ayam maka dari itu memperoleh hasil yang maksimum.
  4. Bisa menyetarakan pakan yang miliki kualitas rendah secara menkombinasikan dengan pakan miliki kualitas tinggi.
  5. Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar (Menurut Umur)
  6. Ayam bangkok termaksud dalam type ayam pengaduan, maka dari itu racikan pakannya juga akan tidak serupa dengan type ayam yang lain.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Berikut kami udah berikan racikan pakan untuk ayam bangkok menurut umurnya.

Pakan Ayam Bangkok Usia 2-14 Hari (Awal mula Menetas)

Mulai sejak dua hari dari pertama menetas, anak ayam cukup diberi air minum dengan gabungan vitamin.

Seterusnya, kasih voer memiliki tekstur lembut, lantaran di usia itu anak ayam masih belajar mematuk dan tidak bisa menelan makanan memiliki ukuran besar.

Gizi yang diperlukan untuk anakan umur ini adalah cuma protein dan lemak. Karena itu, makanan yang amat tepat merupakan type pakan ayam pedaging.

Kecuali ukuran yang serasi, kandungan protein dan lemak pula cukup tinggi maka dari itu menolong ayam cepat besar dan tinggi.

Ternak Ayam Bangkok Lahan Sempit Ini Tipsnya

Pakan Ayam Bangkok Usia 2 Minggu – 1 Bulan (Anakan)

Di umur dua minggu hingga sampai 1 bulan, anak ayam bangkok mulai aktif cari makan sendiri. di bentang umur itu keperluan gizinya pula lagi berganti.

Agar anakan cepat besar, susunan nilai gizi yang amat tepat di usia 0-14 hari merupakan protein 20%, lemak 3%, dan serat 6%.

Untuk penuhi keperluan gizi itu, kalian dapat gunakan jagung, bekatul, dan tepung ikan dengan perbedaan 2:3:1.

Walau demikian, kalau kalian mengombinasikan sendiri makanan dengan manual, kandungan gizinya tidak bisa diukur secara tepat serta bisa berbeda-beda.

Lantaran itu, rata-rata peternak ayam bangkok cenderung menunjuk gunakan pakan pabrikasi untuk anakan umur itu. Kalian dapat gunakan voer HI-PRO-VITE 591 lantaran zat gizi yang terdapat telah diukur secara setimbang dan tepat.

Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

Pakan Ayam Bangkok Usia 1 – 3 Bulan (Remaja)

Masuk umur remaja, ayam bangkok akan mengawali kerap dilepas di luar kandang. dapat tetapi tetap harus dibatas, lantaran di usia ini ayam masih simpel terkena penyakit.

Lantaran itu, kasih makanan yang bisa meningkatkan kekebalan agar ayam lebih tahan pada penyakit.

Pakan yang paling pas adalah dengan berikan type voer privat dengan bagian berikut ini:

  • Voer 591 untuk ayam bangkok usia 1 bulan;
  • Voer 592 untuk ayam bangkok usia 2 bulan;
  • Voer 593 untuk ayam bangkok usia tiga bulan.

Untuk meningkatkan gizi dan mengirit cost, kalian bisa juga mengombinasikannya berbahan berikut ini:

  • Ampas tahu
  • Nasi
  • Menir jagung
  • Tepung ikan

Gabungkan racikan itu sama sesuai keperluan ayam bangkok kalian.

Ternak Ayam Bangkok Cara Sukses Budidaya

Pakan Ayam Bangkok Usia 3 – 6 Bulan (Menengah)

Di umur 3-6 bulan ayam bangkok lebih aktif di luar kandang untuk cari makan sampai belajar berhadapan.

Kalau dilepaskan di luar kandang, energi ayam lebih terkuras, oleh karena itu kalian butuh berikan pakan yang bisa berikan energi terterlebih buat ayam bangkok.

Untuk meningkatkan energi ayam, kalian bisa berikan racikan pakan privat yang dibikin dari gabungan voer dan beras merah.

Rata-rata peternak gunakan voer dengan code 593 dan 594. Kalian juga dapat berikan tambahan suplemen seperti, kalsiun dan vitamin B kompleks yang memiliki fungsi untuk perkembangan tulang dan bulu-bulu, serta menolong ayam gemuk dan cepat besar.

Pakan Ayam Bangkok Usia 6 – 8 Bulan (Dewasa)

Ayam bangkok usia 6 hingga sampai delapan bulan telah termasuk dewasa. Kalian sudah bisa berikan pakan yang lebih jenis lantaran pencernaan ayam dewa telah termasuk kuat.

Untuk type ayam petarung seperti ayam bangkok ini, kalian harus berikan makanan tinggi protein, yang peranannya bisa membuat otot yang kuat.

Bahan yang biasa dipakai untuk racikan pakan merupakan beras merah, lantaran punyai protein dan bisa menambah energi untuk ayam bangkok.

Lantaran beras merah harga masih termasuk mahal, kalian bisa memadukannya dengan nasi dan voer dengan code yang lebih tinggi. Racikan itu bisa diberi berbentuk basah atau kering.

Ikhtisar

Bikin sendiri racikan pakan ayam bangkok terlalu simpel. Di masalah ini, kalian dapat berusaha untuk gabungan pakan yang sangat cocok diserahkan kepada ayam.

Pembikinan racikan pakan punya tujuan untuk mengirit cost. Tapi, kalian pula ingat dengan gizi yang diperlukan ayam perliharaan.

Kalau seluruh proses yang kalian melakukan betul, peluang besar kwalitas ayam bangkok dapat bertambah dan punyai nilai jual yang sangat tinggi.

******

Cara Membuat Pakan Ayam Agar Cepat Gemuk

Anda orang peternak yang memiara ayam? Namun masih kebingungan dengan pakan yang perlu diberi pada ayam? Baik, dalam artikel ini akan saya kaji teknik bikin pakan ayam supaya cepat gendut.

Punyai ayam ternak yang gendut adalah hasrat semua peternak ayam. Bila Anda ingin ayam gendut, sehat serta kokoh, Anda perlu berikan pakan ayam Anda dengan pakan yang punyai kandungan nutrisi tinggi.

Dipasaran tersedia banyak pakan ayam dimulai dari yang murah hingga sampai yang mahal. Walau demikian, jika Anda punyai ayam yang banyak karena itu terus memerlukan pakan yang banyak juga. Belumlah juga kandungan nutrisi di dalamnya belumlah tentu cukupi nutrisi yang dibutuhkan olah ayam.

Walau ringkas, peembelian pakan instant yang serupa dengan tiada henti bikin boros pengeluran sebab jumlah ayam yang diternak. Karena itu Anda dapat mengirit pengeluaran dengan bikin pakan sendiri untuk ayam Anda.

Disamping mengirit pengeluaran kita juga dapat meyakinkan apa pakan ayam yang kita beri aman atau mungkin tidak. Sebab bagaimanapun pakan yang kita beri pada ayam amat memengaruhi mutu daging serta telur yang dibuat ayam.

Ayam butuh bermacam gizi misalnya protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan seterusnya. Keperluan itu perlu disanggupi biar ayam bisa tumbuh dengan maksimum.

Disamping itu pemberian pakan harus pas sesuai usia ayam yang diternak. Menjadi contoh pakan anak ayam yang berusia dua bulan berlainan yang telah dewasa.

Perlu Anda pahami pun jika setiap tipe ayam punyai keperluan gizi yang tidak sama misalnya ayam kampung memerlukan gizi yang lebih rendah ketimbang ayam ras. Itu dia kenapa ayam ras bisa lebih cepat besar ketimbang dengan ayam kampung.

Teknik Bikin Pakan Ayam supaya Cepat Gendut atau Cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk

1. Teknik Bikin Pakan Ayam Kampung

Bahan pakan :

  • Umbi pohon talas. Juga bisa daun serta batang pohon talas.
  • Bekatul
  • Beras
  • Tepung tulang

Pembikinan atau Cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk:

  1. Cincang umbi talas atau daunnya sama ukuran yang paling kecil, lebih kurang 1 cm.
  2. Kalau sudah dicincang silakan campur potongan umbi talas dengan tepung, dedak serta beras lalu masukkan air seperlunya.
  3. Kalau sudah tercampur dengan rata silakan beri pada ayam kampung ternak Anda.

Bila Anda bikin pakan ayam sekitar 2 kg, Anda bisa memanfaatkan susunan sebagaimana berikut :

  • 1 kg umbi talas
  • 1/2 kg beras
  • 1/2 bekatul
  • 1 sendok makan tepung tulang

2. Teknik Bikin Pakan Ayam Pedaging

Bahan pakan :

  • 6 kg jagung
  • 0,2 kg bekatul
  • 0,2 kg tepung gaplek
  • 0,3 kg tepung darah
  • 1,4 kg tepung ikan
  • 0,7 kg kedelai
  • 0,5 kg bungkil pepaya
  • 0,1 bungkil biji kapuk
  • 0,2 kg daun pepaya
  • 0,4 tepung bulu-bulu unggas
  • 0,05 kg premix

Pembikinan atau Cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk :

  1. Campurlah semua bahan jadi satu lantas aduk hingga sampai rata. Kalau sudah rata, lumatkan adonan sampai berganti menjadi  tepung. Anda juga dapat melembutkan adonan itu memanfaatkan mesin.
  2. Sehabis bahan menajdi tepung, aduk sampai rata hingga sampai seluruh bahan tercampur dengan rata.
  3. Kukus adonan pakan ayam dengan temperatur 800 hingga sampai 900 derajat celcius sampai masak.
  4. Kalau sudah masak, mengeluarkan serta nantikan sampai dingin lebih dahulu. Kalau sudah dingin silakan bikin adonan jadi pelet pakan ayam.
  5. Adonan yang tecetak dikeringkkan. Kalau sudah kering dapat diberi pada ayam pedaging ternak Anda.

3. Teknik Bikin Pakan Ayam Petelur

Bahan pakan :

  • Jagung giling
  • Kacang tanah
  • Bekatul
  • Sorgum
  • Tepung ikan
  • Singkong
  • Dedak padi
  • sisa produksi tahu
  • Ampas kelapa
  • Ampas kedelai
  • Kotoran pertanian rumah tangga

Pembikinan :

  1. Jemur seluruh bahan hingga sampai kering lebih kurang 1 sampai dua minggu.
  2. Kalau sudah kering, campurlah seluruh bahan serta aduk sampai rata.
  3. Sesudah bahan tercampur rata silakan jemur kembali dengan cahaya matahari dengan waktu penjemuran sepanjang 1 sampai dua hari.
  4. Masukkan suplemen tambahan pada adonan pakan ayam biar pakan ayam makin bergizi.
  5. Paling akhir, saat sebelum dikasihkan ke ayam silakan masukkan air lebih dahulu.

Keuntungan dengan Bikin Pakan Ayam Sendiri atau mengetahui Cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk

  • Dengan bikin pakan sendiri Anda dapat mengirit pengeluaran sebab beberapa bahan yang dipakai adalah pakan murah yang digabungkan, hingga bisa kurangi pengeluaran setiap bulannya.
  • Anda dapat ketahui gizi apa yang diberi pada ayam ternak Anda, hingga konsumsi nutrisi ayam dapat termonitor.
  • Pakan yang mempunyai nutrisi berpengaruh baik pada kesehatan ayam yang selanjutnya dapat mempertingkat mutu telur serta daging yang dibuat.

Demikian yang dapat saya berikan dengan Anda mengenai Cara membuat pakan ayam agar cepat gemuk, mudah-mudahan seluruh yang ada pada artikel ini bisa berguna untuk yang membaca. Demikian serta terima kasih.

 

Leave a Reply