Jenis-Jenis Pakan Bebek Petelur

Jenis-jenis pakan bebek petelur harus diketahui oleh seorang peternak. Ini kalau mau melihat ternak mereka berkembang dengan baik dan juga tidak mudah diserang penyakit dan kali ini akan dibeberkan apa saja yang mesti diperhatikan yang mana tak hanya soal pakan saja.

Selain menyimak artikel mengenai pakan bebek petelur maka alangkah baiknya simak pula pakan bebek petelur untuk 100 ekor, pakan bebek petelur yang murah, komposisi pakan bebek petelur yang tepat, kebutuhan pakan bebek petelur per hari, pakan bebek petelur alami, takaran pakan bebek petelur 50 ekor, takaran pakan bebek petelur 20 ekor, harga pakan bebek petelur 50 kg

Jenis-Jenis Pakan Bebek Petelur

Pakan mempunyai peran penting dalam usaha atau upaya ternak yang sedang dirintis, antara lainnya soal jenis pakan apa saja yang yang memang merupakan makanan yang cocok untuk bebek petelur.

Sekadar diketahui Bebek adalah sumber konsumsi orang yang dari taun ke taun semakin bertambah disenangi. sedang produsen bebek dan telur bebek sedikit sekali yang produksinya. Ada tapi konstan serta kurang bisa penuhi keperluan pasar.

Meski sebenarnya kalau kita melihat dari kapasitas pasarnya, telur bebek jadi salah satunya komoditas peternakan yang punyai keinginan yang condong konstan karena peternak hanya itu dan itu saja. Tidak pernah bertambah jumlahnya.

Sebenarnya Pengurangan keproduktifan telur ini disebabkan berbagai perihal seperti, pemberian Suplemen/vitamin, style perawatan bebek petelur (digembalakan atau di terkurung), situasi kesehatan ternak, Style kandang. Tapi yang sangatlah pengaruhi keproduktifan bebek petelur yaitu efek pada jenis pakan bebek yang diserahkan ke bebek-bebek petelur itu.

Pakan punya kandungan gizi yang tinggi serta bergizi untuk perkembangan serta kemajuan ternak bebek maka dari itu mendatangkan daging serta telur yang berkualitas harus diperhatikan.

Lihat Juga Resiko Ternak Bebek yang Perlu Jadi Perhatian

Pemberian pakan pada bebek lantas penting untuk diklasifikasi menurut keperluan gizinya, lantaran pemberian yang kelewatan membuat ongkos produksi berlebihan sedang pemberian yang kurang membuat rendahnya keproduktifan. Selanjutnya bagaimanakah sich berikan pakan bebek petelur agar lebih efisien serta pastinya bisa menambah daya produksinya? Yok baca review berikut di bawah ini

Jenis – jenis pakan bebek petelur sehingga bisa punyai sumber energi yang tinggi yaitu:

  • Jagung giling
  • Bekatul
  • Sorgum/ tepung polard
  • Tepung roti
  • Dedak padi
  • Singkong/ tepung onggok

Lantas untuk jenis makanan yang bisa menjadi sumber protein untuk bebek petelur diterima dari Bungkil kedelai, Corn gluteal meal (CGM), Tepung ikan, Bungkil kedelai, Bungkil kelapa, Bungkil kacang tanah, Ampas tahu serta tempe, Daun indigofera serta Kotoran tauge. Keperluan sumber protein ini difungsikan oleh bebek petelur untuk rutinitas satu hari – hari yang ditopang dengan kebolehan otot ternak.

Sedang pakan untuk sumber mineral untuk bebek petelur bisa dicapai dari tepung keong mas, tepung bekicot namun juga tepung kulit telur. Peran dari sumber mineral ini sendiri yaitu untuk pembuatan tulang dan pembuatan kerabang telur. Mineral yang tinggi sangatlah diperlukan oleh ternak bebek petelur untuk mendatangkan telur yang berkualitas serta miliki kualitas.

Pakan sumber mineral untuk bebek petelur pula telah banyak dipasarkan berbentuk voer. Voer ini rata-rata udah dikelompokkan susunannya dengan menyamakan jenis bebek yang dipiara. Untuk anda mungkin beli wujud pakan dipasaran itu,tapi penting diketahui pakan yang siap hidangan dipasaran itu punyai harga yang lebih mahal ketimbang kalau kita mengolah sendiri dengan susunan nutrisi yang sama sesuai kwalitas terunggul.

Kriteria Pemberian Pakan Bebek Petelur

Sebelumnya berikan pakan penting pada bebek petelur, ada sekian banyak kriteria yang penting disadari dalam berikan pakan ternak bebek petelur antara lain :

  • Tak berkompetisi atau bertolak belakang pemanfaatannya berbahan makanan/bahan pangan manusia. Contoh: meskipun sama gunakan singkong, tapi pakan ternak bebek petelur menggunakan kotoran dari pemrosesan tepung tapioka (onggok)
  • Simpel dicapai. Berarti, direkomendasikan untuk gunakan pakan ternak yang simpel dicapai dilingkungan lebih kurang agar lebih murah/ekonomis serta simpel mendapatinya.
  • Ada secara tiada henti (setahap) atau stok selalu tersedia. Berarti, bahan makanan bebek petelur itu ada pada jumlah yang mencukupi serta selalu berada pada selama setahun. Ini bersangkutan dengan juga tradisi makan bebek petelur, agar tak lagi berbeda-beda serta sebabkan stress.
  • Harga yang terjangkau. Ini merupakan hal pokok sebelumnya Anda menunjuk bahan baku pakan ternak. Untuk efektivitas, Anda harus menilainya harga serta kandungan gizi di dalamnya. Tentukan pakan yang punyai nilai gizi tinggi di harga yang dapat terjangkau.

Jenis Pakan Bebek petelur

Dalam pemberian pakan, anda harus mengenal susunan serta fungsiya lebih dahulu, contoh untuk sumber energi bebek, sumber protein atau menjadi sumber mineral. Untuk pakan sumber energi, anda dapat mendapati dari jenis biji sereal serta umbi – umbian. Energi diperlukan oleh ternak bebek saat kerjakan rutinitas satu hari – hari seperti bergerak, bertelur, terbang, berenang, serta lain – lain.

Di saat landasan-landasan sumber pangan udah anda phami, karenanya anda bisa mengolah bahan pakan itu serta pastinya disamakan dengan keperluan dan jumlah produksi pakan untuk konsumsi bebek petelur. Jangan sempat teralu banyak lantaran sayang sekali kalaupun pakan udah kebanyakan serta anda taruh waktu disediakan situasinya telah tidak baik,dan gak boleh begitu sedikit di saat kekurangan pakan serta terlambat kita dalam pemberian pakan,bebek dapat mengenyam depresi maka dari itu produksi telurnya dapat turun mencolok tak konstan.

Management pemberian pakan bebek petelur

Sehabis mengenal jenis pakan bebek serta peranannya untuk bebek petelur, karenanya sesudah itu anda wajib lakukan management dalam pemberian pakan. Management pemberian pakan ini bertujuan agar, pakan yang diserahkan ke bebek petelur sama dengan ukurannya serta tak berbeda-beda.

Lantaran bebek petelur sangatlah mudah dengan depresi kepada perombakan pakan yang tiba-tiba. Oleh karena itu, sebelumnya berencana perawatan bebek petelur, peternak harus pelajari dahulu situasi adanya bahan pakan yang dapat dipakai, apa dapat tiada henti diberikan pakan baru atau mungkin tidak sepenuhnya ataukah sebagian saja.

Kalau tidak baiknya perhatikan formula di bawah ini dan untuk mengubah dengan formula pakan baru harus dengan bertahap dan sesuai kadarnya seperti di bawah ini:

  1. Minggu pertama perbedaan pakan lama dengan pakan yang baru adalah 75% : 25%
  2. Minggu kedua perbandingannya 50% : 50%
  3. Minggu ketiga perbandingannya 25% : 75%
  4. Minggu keempat bisa dikasih pakan baru 100%

Rata-rata pakan kering berbentuk butiran dapat diserahkan ke bebek petelur yang berumur >1 Minggu, tapi juga ada bebek petelur yang kurang dapat menyesuaikan dengan makanan kering, maka dari itu pakan basah jadi alternatif yang sama dengan wujud paruhnya. Sedang pakan pellet juga dapat dikasihkan pada itik berusia > satu minggu.

Satu diantaranya kelebihan adalah dapat menambah efektivitas pakan lantaran peluang paling sedikit pakan yang keteter kalau ketimbang dengan pakan berwujud butiran atau basah.

Pakan basah adalah pakan kering yang ditambahkan air dengan perbedaan 1 : 2.

Situasi atau wujud pakan sehabis di campur beserta air merupakan pakan itu tidaklah sampai keluarkan air kalaupun kita peras atau ke bahasa jawa kerap kita tahu dengan mamel.

Kecuali kenal perihal perbedaan pemberian pakan, maka tentu itu sudah tak masalah. Tetapi kalau belum yah harus dipelajari.

berikut sejumlah ketentuan lain terkait management pemberian pakan bebek petelur:

  • Bahan baku pakan yang dipakai tak berjamur, tak busuk/berbau apek, serta palatable (disenangi itik).
  • Baiknya pakan gak boleh kepanasan, maka dari itu direkomendasi pakan dikasihkan di dalam ruangan istirahat.
  • Pemberian pakan dapat 2x (waktu 07.00 serta 16.00) atau 3x (waktu 07.00, 12.00 serta 16.00) pada suatu hari. Antara jam pakan kedua kalinya, rata-rata disertai dengan snack protein hewani (tumbukan keong, kerang atau kotoran udang).
  • Sajikan air minum untuk bebek pada jumlah yang tak berbatas (adlibitum) lantaran kalau itik kekurangan minum, karenanya konsumsi pakan juga jadi menurun serta hendak terjadi masalah metabolisme dalam badannya.
  • Bebek sangatlah peka kepada keracunan aflatoksin yang bisa turunkan perkembangan, produksi telur dan sebabkan kematian.
  • Unsur lain yang bisa menambah keproduktifan telur dari bebek petelur

Kecuali pakan, anda harus perhatikan beberapa faktor lain yang bisa mendukung keproduktifan dari telur bebek tersebut. Satu diantaranya yang harus jadi perhatian merupakan style perawatan bebek petelur.

Style perawatan bebek ada 2 adalah secara dikandangkan atau digembalakan. Pada style bebek dikandangkan, Produktifitas bebek petelur terkurung rerata lebih tinggi dibanding bebek petelur yang digembalakan.

Bisa terbuktikan, produktifitas bebek petelur terkurung kurang lebih senilai 69,4% atau 253 butir dalam 365 hari. Masalah ini dipicu bebek petelur yang dipiara secara terkurung mendapati konsumsi gizi yang terarah serta mencukupi.

Sedang pada bebek digembalakan, Keproduktifan rupanya lebih rendah ketimbang dengan bebek petelur yang dikandang. Ini dikerenakan bebek petelur yang digembalakan tak mendapati pakan yang mencukupi. Banyak peternak bebek petelur yang memutuskan buat menggembalakan bebeknya dengan maksud agar bebek dapat mendapati makanan dari alam.

Rupanya, bebek petelur yang digembalakan cuma kenyang lantaran mendapati banyak makanan dari alam (sawah, kebun atau tanah luas lainnya), tapi kandungan gizi itu tak terarah. Oleh sebab itu, normalnya bebek petelur yang digembakan punyai produktifitas cuma lebih kurang 38,3%. Sedang berat telurnya sekedar 66,9 gr.

Pakan Bebek Petelur yang Intensif harus diberikan

Dengan natural bebek adalah hewan omnivora, berarti bukan sekedar sayur saja tapi protein hewani bisa juga diolah. Oleh sebab itu, peternak harus perhatikan keserasian pakan agar kesehatan ternak masih terlindungi.

Tidak hanya itu, Anda harus perhatikan bahan baku pakan, yakinkan jika bahan simpel dicapai, bukan bahan pakan manusia, ada secara berkepanjangan, serta harga dapat terjangkau. Di saat ke-4 situasi itu udah disanggupi, karenanya Anda dapat menegaskan jika biaya anggaran untuk beternak dapat intensif.

Perihal lain yang penting menjadi perhatian merupakan konsumsi energi yang rata-rata terkandung di dalam karbohidrat. Kalau bebek Anda kekurangan energi, karenanya mereka dapat sukar untuk berkegiatan serta bertelur. Oleh sebab itu, pakan bebek petelur harus punya kandungan energi dari karbohidrat.

Anda dapat menunjuk pakan bebek berbentuk apa saja, seperti pelet, mash, atau crumble. Yang terutama merupakan Anda harus mengawasi keserasian gizi sama sesuai ukuran nutrisi untuk hewan itu. Dengan demikian, pertumbuhan serta kebolehan bertelur bisa terus dijaga dengan maksimum. Berikut di bawah ini merupakan beberapa penyeleksian konsumsi yang penting menjadi perhatian oleh peternak bebek.

Pakan Bebek Petelur dengan Protein Tinggi

Kriteria penting untuk makanan unggas agar bisa menambah keproduktifan telur merupakan takaran protein. Kian tinggi konsumsi protein pada bebek, karenanya kebolehan mereka untuk reproduksi pastilah bertambah. Oleh sebab itu Anda butuh berikan konsumsi makanan yang tinggi protein seperti jagung, beras, sorghum, bekatul, serta kedelai. Jenis makanan itu bukan sekedar tinggi protein tapi bisa juga berikan banyak energi.

Kecuali pakan, air pula jadi aspek vital untuk pertumbuhan bebek. Oleh sebab itu, jangan sempat lupa untuk perhatikan adanya air. Tidak ada jumlah air bersih yang cukup, karenanya bebek dapat kekurangan sumber cairan. Hal semacam itu dapat membuat peresapan gizi jadi kurang intensif maka dari itu hasil telur pula tidak baik. Tidak hanya itu, Anda dapat menambah vitamin seperti vitamin B, C, serta E pada air, agar keproduktifan telur lebih intensif.

Tambahan vitamin ini cuma terdapat sifat opsional, lantaran vitamin itu juga dapat diperoleh dari pakan bebek barusan. Air bersih biasa-biasa saja cukup untuk bebek, yang terutama merupakan adanya air selalu terbangun.

Menunjuk Sumber Kalsium untuk Pakan Bebek Petelur

Sumber kalsium untuk bebek dapat berawal dari gabungan bubuk kulit kerang kering. Seperti sama peternak ayam petelur, pakan yang berawal dari bubuk kulit kerang kering dapat dikasihkan pada bebek juga. Juga dengan natural bebek juga sukai memakai keong bersama-sama cangkangnya, lantaran kandungan kalsium yang tinggi serta bagus untuk telurnya.

Lantas, Anda juga dapat gunakan tambahan protein hewani yang pula kaya dengan kalsium, seperti tepung ikan, cacahan ikan rucah, serta darah beku. Tambahan protein hewani ini dapat di campurkan pada pakan ternak yang biasa Anda beri. Kalsium yang cukup dapat berikan kwalitas fisik telur lebih kuat serta tak simpel pecah. Di saat kekurangan kalsium, karenanya telurnya dapat simpel pecah serta pecah, yang dapat mencelakai isi telur.

Konsumsi kalsium untuk bebek sekurang-kurangnya 5 – 12 % dari konsumsi harian agar hasil telurnya dapat bagus. Perbandingan itu dapat Anda peroleh dengan menambahkan bahan seperti tepung ikan, atau cacahannya di dalam menu.

Leave a Reply