Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Cara ternak ayam kampung cepat panen saat ini masih sangat jarang diketahui warga pada umumnya. Padahal ada beberapa hal yang kadang sangat sederhana namun disepelekan. Berikut ini penamu.my.id akan membeberkan terkait hal tersebut.

Hal urgen yang mesti diperhatikan selain dari cara ternak ayam kampung cepat panen adalah cara memelihara ayam di rumah, cara budidaya ayam, cara usaha ternak ayam, ternak ayam modal 1 juta, ilmu ternak ayam, ternak ayam sederhana, ternak ayam modal 500 ribu, cara beternak ayam dengan modal kecil

Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Ayam kampung sebagai salah satunya tipe ayam yang banyak diminta, baik daging atau telurnya. Warga banyak mengenalinya sebagai ayam kampung karena tipe ayam ini ciri-ciri uniknya ialah hidup di daerah perkampungan atau perdesaan.

Oleh karena itu, umumnya pemberiaan pakan ayam juga termasuk masih natural serta jauh dari beberapa bahan kimia. Seperti yang sering dipakai pada ayam petelur dan ayam boiler. Oleh karenanya, dari sisi kesehatan juga ayam kampung relatif benar-benar aman dimakan.

Bertambahnya rasa kepedulian akan kesehatan di mata warga sendiri tentu saja makin menambah konsumsi ayam kampung di pasar jadi bertambah.

Baca Juga Cara Merawat Ayam Bangkok Umur 3-6 Bulan

Oleh karenanya, tidaklah aneh bila selanjutnya kenaikan kebutuhan pasar pada ayam kampung lumayan tinggi. Tentu saja ini memberi sebuah kesempatan usaha untuk Anda berbentuk budidaya ayam kampung yang pasti akan memberikan keuntungan untuk lakukan cara beternak ayam kampung untuk menolong Anda yang ingin mengawali memperdalam usaha ini.

Untuk ketahui dengan detil, berikut kami sudah kumpulkan untuk Anda 6 cara beternak ayam kampung bermodal kecil yang dikutip dari beragam sumber.

1. Penyiapan Kandang hal urgen dalam Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Cara beternak ayam kampung atau cara ternak ayam kampung cepat panen pada tahapan awalnya ialah menyiapkan kandang.

Kandang ini sebagai tempat di mana kelak ayam kampung bisa diternak. Sebagusanya persiapkan lokasi kandang yang memiliki jarak tidak begitu jauh dari rumah.

Baca Juga Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan

Supaya tentu saja lebih gampang dalam pemgawasan. Supaya lebih terang karena itu Anda dapat memerhatikan beberapa hal cara ternak ayam kampung cepat panen berikut ini:

  1. Buat kandang tertutup yang melingkari lokasi supaya ayam tidak berkeliaran dan mengganggu tetangga.
  2. Anda dapat membuat kandang memakai bambu yang disulam atau dipaku.
  3. Dinding kandang harus rapat supaya tidak dapat dimasuki hewan liar seperti anjing atau hewan buas yang lain.
  4. Tinggi kandang minimum 3 mtr., karena bila di bawah 3 mtr. dicemaskan ayam masih bisa terbang untuk melaluinya.
  5. Penyekat kandang jadi dua sisi, di mana satu sisi untuk ayam dewasa dan satu untuk yang ayam yang kelas baru memulai di tetaskan.
  6. Sesudah kandang siap, karena itu anda langsung bisa mengawali tingkatan budidaya.
  7. Satu minggu saat sebelum di menempati sebagusnnya kandang dibikin bersih dan disemprotkan memakai pestisida supaya tentu saja parasit-parasit yang ada mati dan tidak mengganggu prosea budidaya.

2. Penyeleksian Indukan adalah bagian dari Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Cara beternak ayam yang setelah itu lakukan penyeleksian indukan. Indukan berikut yang selanjutnya akan menghasilkam telur dan anakan ayam kampung yang nantinya bisa diperbudidayakan dan memulai dipasarkan.

Baca Juga Ternak Ayam Bangkok Lahan Sempit Ini Tipsnya

Indukan yang bagus, tentu saja akan mempunyai ketuturan yang bagus. Oleh karenanya, anda harus memerhatikan beberapa hal cara ternak ayam kampung cepat panen berikut:

  1. Indukan jantan harus mempunyai suara kokokan yang keras, bulu-bulu yang mengkilat, dan sehat dan tidak alami kecacatan, disamping itu pejantan harus juga aktif bergerak dan cukup agresif.
  2. Untuk indukan betina Anda dapat pilih yang mempunyai warna yang memikat, ukuran badan telah besar dan siap untuk dikawinkan, bulu-bulu mengkilat, sehat dan tidak cacat, dan mempunyai pergerakan yang aktif.
  3. Untuk perbedaan pejantan dan betina yang bagus sebetulnya tidak ada dasar.
  4. Anda bahkan juga dapat isi 10 betina dan 1 pejantan dalam kandang.
  5. Sesudah pastikan indukan siap mereproduksi karena itu tentu saja anda langsung bisa masukkan semua indukan dalam kandang.
  6. Tahapan setelah itu memasangkan ke-2 indukan supaya si betina bisa bertelur dan proses budidaya terus bersambung.

3. Proses Pengawinan Indukan bagian dari Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Cara beternak ayam kampung seterusnya masuk proses pengawinan indukan. Sesudah indukan dilepaskan di kandang, karena itu sepanjang sekian hari mereka akan menyesuaikan dengan lingkungannya.

Baca Juga Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen

Janganlah lupa untuk memberi pakan tambahan. Proses perkawinan akan dilaksanakan oleh ke-2 indukan bila ke-2 nya sudah siap kawin. Anda tidak dapat percepat proses perkawinan, karena ini berjalan lewat cara natural. Anda cuma dapat menanti sampai ke-2 indukan lakukan perkawinan.

Sesudah ke-2 indukan lakukan perkawinan. Anda harus tetap memberi pakan dengan teratur sekitar 3x dalam satu hari. Pakan yang diberi bisa berbentuk pelet dan digabungkan dengan jagung giling atau jagung pipilan. Kesuksesan perkawinan akan diperlihatkan dengan cara sang betina umumnya semakin lebih rewel. Ini adalah salah satu hal urgen dalam cara ternak ayam kampung cepat panen.

Dalam pengertian dia terus akan berkokok, ini mengisyaratkan jika telah waktunya dia bertelur. Karena itu yang penting anda kerjakan ialah menjauhkannya dan mengalihkannya ke lokasi kandang samping sebagai tempat sementara untuk si betina bertelur. Umumnya ayam akan bertelur sedikitnya 5 butir dan dapat capai 14 biji telur untuk sekali bertelur.

4. Proses Penetasan Telur

Cara beternak ayam selanjutnya ialah proses penetasan telur. Umumnya, proses penetasan ini dilaksanakan dengan manual atau bikinan. Bila ditetaskan lewat cara bikinan saat yang diperlukan lebih singkat yaitu cuma 14-20 hari.

Baca Juga Ternak Ayam Bangkok Cara Sukses Budidaya

Dan bila ditetaskan dengan alami memerlukan saat yang semakin lama yaitu sekitaran 25-35 hari saja. Karena itu, menetaskan dengan manual semakin lebih memberikan keuntungan dala budidaya.

Adapun beberapa langkahnya cara ternak ayam kampung cepat panen ialah seperti berikut:

  • Bikinlah kotak penetasan sama ukuran yang telah di tetapkan.
  • Berikan lampu tambahan dengan daya 10 watt.
  • Anda dapat memakai lampu bohlam atau lampu neon.
  • Tempatkan telur di bawah lampu, selanjutnya diamkan sampai telur menetas.
  • Sesudah 14-20 hari karena itu telur mulai akan menetas,sesudah ini karena itu pemeliharaan serta perawatan intens harus mulai di kerjakan.

5. Memiara Anakan Ayam Kampung adalah bagian dari Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen

Sesudah telur mulai menetas, karena itu Anda harus lakukan perawatan dengan intens. Perawatan yang sudah dilakukan adalah tentu saja memberikan pakan.

Simak Juga Ternak Ayam Modal 1 Juta Begini Caranya

Pakan yang dipakai sebagai pakan khusus dan minum yaitu jagung yang digiling secara lembut. Pakan ini diberi sampai anakan berumur dua bulan. Baru sesudah melalui 2 bulan, anakan bisa dipindah ke kandang dewasa. Ini adalah cara ternak ayam kampung cepat panen yang sangat penting harus diperhatikan.

6. Proses Pemasaran

Cara beternak ayam kampung yang paling akhir ialah proses pemasaran. Sesudah berusia 1-3 bulan karena itu anakan ayam kampung bisa dipasarkan ke pasaran. Tetapi, tentu saja bukan hanya berpatok dengan usia saja, karena tentunya berat atau berat badan ayam akan tentukan harga jual. Setelah ketahui cara ternak ayam kampung cepat panen maka waktunya panen.

Umumnya berat ayam yang telah bagus untuk dipasarkan dan di konsumsi di antara 1-2 kg. Ini bergantung dengan keinginan di pasar. Karena pasti kita harus ikuti berat standard yang umum berada di pasaran. Selainnya daging, tentunya komoditas lain dari budidaya ayam kampung yang bisa dipasarkan ialah telur ayam.

FAQs

Berapa bulan ayam kampung cepat besar?

Bila diawali dari beli bibit DOC (day old chick) yang berkualitas, pembesaran ayam kampung pedaging cuma memerlukan waktu sekitaran dua bulan sampai panen. Dengan transisi produksi yang pendek, peternak dapat semakin cepat menuai dari hasil usaha pembesaran ayam kampung.

Berapa hari ayam kampung bisa di panen?

“Ayam ini dapat dipanen di umur 55-60 hari, lebih cepat satu bulan dibanding ayam kampung umumnya yang dapat capai 85-90 hari,” ungkapkan salah satunya peternak ayam kampung SenSi dari Ciseeng, Kabupaten Bogor, Naryanto yang pendiri PT Sumber Unggas Indonesia.

Berapa modal awalnya untuk beternak ayam kampung?

Pakan ayam: 6.000.000 Rupiah. Obat/vitamin: 300.000 Rupiah. Keperluan lainnya: 1.000.000 Rupiah. Keseluruhan modal yang diperlukan untuk mengawali usaha ayam kampung: 16.500.000 Rupiah.

Berapa lama perkembangan ayam?

Masa grower – Pada masa ini ayam telah berusia 30—60 hari. Masa ini dikatakan sebagai periode perkembangan, ayam telah prima tumbuh dan mempunyai bulu-bulu.

Dapatkah ayam bertelur 2x satu hari?

Tiap ayam petelurnya sanggup bertelur lebih dari 2x dalam satu hari.

Usaha ternak ayam modal berapakah?

Investasi awalnya untuk ternak ayam potong – Sewa tempat 100 m2 : Rp 10.000.000. Kandang ternak : Rp 5.300.000. Perlengkapan minum dan makan : Rp 800.000. Perlengkapan yang lain : Rp 800.000.

Leave a Reply