Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba sejauh ini memang sangat terkenal di Sulawesi Selatan. Orang berbondong-bondong melepas lelah dan penat di objek wisata ini.

Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Berikut ini Silakan dipilih tujuh tempat yang harus kamu datangi saat vakansi ke daerah Pantai Tanjung Bira di Bulukumba. Hal Menarik lainnya yang juga perlu untuk diketahui tentunya adalah sejarah pantai bira.

Daya tarik wilayah wisata Tanjung Bira sudah lama termashyur di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel). Lokasi ini selalu memancing ketertarikan lawatan wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri dengan beberapa obyek wisata unggulan pantai berpasir putih.

Baca Juga Tempat Wisata di Bulukumba Saingi Tempat Wisata di Bantaeng Video

Walaupun gemanya sudah lama kedengar selaku surganya obyek wisata bahari, tetapi nikmati kecantikan wisata di wilayah itu seolah tiada puasnya. Beberapa penduduk ikhlas hadir dari jarak jauh nikmati berlibur di wilayah Tanjung Bira.

Wilayah wisata itu bisa dilakukan di jarak lebih kurang 200 km dari Kota Makassar. Sama waktu menempuh di range durasi waktu 5-6 jam perjalanan dengan kendaraan motor.

Berikut di bawah ini lokasi wisata alternatif Sulsel yang berada pada wilayah Tanjung Bira untuk Anda yang pengin habiskan saat liburan.

1. Pantai Tanjung Bira adalah Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Pantai Bulukumba ini sudah pasti yang cukup terkenal ialah Pantai Tanjung Bira. Ada di samping barat daerah Dusun Bira, namanya telah kesohor di kelompok pelancong lokal dan luar negeri. Panorama gradasi tiga warna pada pesisir jadi pembanding dengan beberapa pantai lain di Bira.

Ada banyak sarana yang disiapkan faksi pengurus untuk kenyamanan pengunjung. Dimulai dari rumah makan, kamar mandi, persewaan perlengkapan selam, banana boat sampai kapal motor yang siap mengantarkan penyelam ke diving spot, atau sekedar nikmati panorama laut.

Oh ya, disekitaran tempat Pantai Tanjung Bira ada beberapa puluh tempat bermalam yang dapat disamakan dengan anggaran berlibur. Dimulai dari Rp250 ribu sampai Rp3 juta. biaya liburan ke tanjung bira cukup murah.

Alamat : Jl. Tanjung Bira, Dusun Bira, Kec. Bonto Bahari

Ticket masuk :

  • Pelancong lokal : Rp10.000 (Senin-Jumat), Rp15.000 (Sabtu, Minggu, hari libur)
  • Pelancong asing : Rp20.000 (Senin-Jumat), Rp30.000 (Sabtu, Minggu, hari libur)

2. Tebing Apparalang adalah salah satu Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Melihat pesisir Bira dari tepi tebing batu? Mengapa tidak? Ada Tebing Apparalang yang siap memberimu pengalaman itu. Ketinggiannya dari permukaan laut di antara 12 sampai 20 mtr.. Tetapi tidak boleh cemas, telah ada lajur titian khusus yang dapat ditempuh pengunjung.

Selainnya nikmati laut dari ketinggian, ada spot cliff jumping untuk kamu yang suka memicu adrenin. Tetapi jika ingin berenang rileks bisa juga, kok. Oh ya, Tebing Apparalang pas sekali untuk fans photografi atau kamu yang suka selfie. Ini merupakan salah satu tempat wisata bulukumba terbaru.

Beberapa sarana yang disiapkan faksi pengurus seperti gazebo, kamar mandi, toko cenderamata sampai beberapa warung makan.

  • Alamat : Dusun Ara, Kec. Bonto Bahari
  • Ticket masuk : Rp20.000

3. Pantai Panrang Luhu adalah salah satu Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Pantai Panrang Luhu ini dikenali sebagai “bengkel” pembikinan perahu pinisi. Bila untung, pengunjung dapat melihat sendiri terampilnya nelayan di tempat membuat armada berlayar tradisionil itu dari jarak dekat.

Dengan panjang capai sekitaran 1 km, sejauh pesisir Pantai Panrang Luhu ada batu-batuan karang yang akan kelihatan terang saat laut sedang kering. Tidak lupa, mata pengunjung dimanja dengan panorama pasir putih dan terlepas.

Ada banyak villa di tempat pantai, pada harga sewa bervariatif mulai Rp200 ribu sampai Rp700 ribu per malam. Tetapi untuk kamu yang lagu model irit, ada tempat kemping dengan ongkos sewa hanya Rp30 ribu. Menariknya sekarang malah sudah ada digagas wisata baru bulukumba jembatan kaca.

  • Alamat : Dusun Bira, Kec. Bonto Bahari

4. Pantai Marumasa adalah salah satu Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Panjang pantainya hanya sekitaran 200 mtr., tetapi Pantai Marumasa menyatukan dua lanscape berlainan yaitu pasir putih dan bentangan tebing batu disebelah kiri dan kanan. Situasi tenangnya buat tempat ini pas untuk kamu yang cari ketenangan.

Tidak ada ticket masuk, karena Pantai Marumasa diatur secara swadaya oleh warga sekitaran. Tetapi ada pungutan sejumlah Rp3 ribu per pengunjung, ongkos parkir dan persewaan property photo di atas tebing.

Ada banyak hal dapat dilaksanakan pengunjung di tempat yang baru kesohor di tahun 2017 itu. Dimulai dari sekedar jalanan rileks, menyelam sampai kemping di tempat yang telah disiapkan.

  • Alamat : Dusun Darubiah, Kec. Bonto Bahari

5. Pantai Kasuso adalah salah satu Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Hanya 15 menit perjalanan ke utara dari Pantai Marumasa, ada Pantai Kasuso yang tidak kalah cantiknya. Ciri-ciri uniknya ialah sebuah karang menggantung namanya Batu Taha, dalam jarak hanya 10 mtr. dari bibir pantai.

Pantai Kasuso sendiri terhitung “hidden gem” karena jalan aksesnya yang berliku, sempit dan terjal karena harus menuruni bukit. Tetapi, perjuangan sejauh perjalanan akan dibayarkan lunas dengan panorama laut lepas dan barisan pepohohan kelapa.

Tidak ada ticket masuk atau ongkos parkir. Salah satu pengeluaran berbentuk uang ialah saat memakai toilet, yaitu di antara Rp2 ribu sampai Rp5 ribu. Itulah destinasi wisata bulukumba yang tak kalah hebatnya.

  • Alamat : Dusun Darubiah, Kec. Bonto Bahari

6. Pantai Mandala Riang adalah bagian dari Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Dari Pantai Kasuso, kita berubah sekitaran 13 km perjalanan ke utara. Di titik itu ada Pantai Mandala Riang yang berada di tempat yang cukup terselinap. Karenanya, tidaklah aneh situasinya relatif sepi. Terasa pantai punya sendiri!

Oh ya, nama “Mandala” ini datang dari nama code Operasi Pembebasan Irian Barat tahun 1961-62. Menurut narasi, beberapa puluh kapal TNI Angkatan Laut yang turut serta dalam operasi militer itu sempat ngaso di wilayah laut lepas ini saat sebelum meneruskan perjalanan ke arah timur.

Akses ke arah Pantai Mandala Riang sendiri termasuk melawan. Pengunjung harus lewat jalan berbatu sejauh 2 km dari permukiman warga.

Beberapa sarana yang ada ada beberapa gazebo untuk rileks dan warung makanan. Oh ya, Pantai Mandala Riang pas sekali jadi tempat memburu photo loh.

  • Alamat : Dusun Ara, Kec. Bonto Bahari
  • Ticket masuk : Rp10.000

7. Pantai Bara adalah bagian dari Tempat Wisata Tanjung Bira Bulukumba

Pantai Tanjung Bira dan Pantai Bara sebetulnya ada pada sebuah garis pantai yang serupa. Karenanya, ke-2 spot unggulan wisatawan itu disebutkan “kembar” karena mempunyai panorama pantai relatif sama. Tetapi, situasi di Bara semakin tenang karena belum disanggupi banyak bangunan.

Hanya memiliki jarak sekitaran 1 km arah utara Pantai Tanjung Bira, pantai ini tawarkan gabungan panorama tebing batu dan vibes pesisir yang lebih orisinal. Karena pemikiran itu, banyak pelancong sekarang cenderung pilih bermalam di resor sekitaran Bara. Menariknya ada tanjung bira resort.

  • Alamat : Dusun Bira, Kec. Bonto Bahari
  • Ticket masuk : Rp10.000 (pelancong domestik), Rp20.000 (pelancong asing)

Nach, untuk permasalahan pemondokan, kamu dapat sesuaikan dengan bujetmu. Rangenya di antara Rp300 ribu sampai Rp1,dua juta per malam. Jika ingin yang hemat sekali, ada pula camping ground. Sekarang sudah banyak deskripsi pantai tanjung bira.

Nach, itulah jejeran tempat wisata sangat menarik di Kabupaten Bulukumba, tidak cuma keelokan pantai di Tanjung Bira, beberapa spot menarik yang lain juara sekali.

Indonesia sisi timur memang kaya panorama alamnya yang bagus khususnya panorama bawah laut dan pantainya. Berada di ujung selatan Pulau Sulawesi, persisnya ada dalam Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Pantai Tanjung Bira sebagai pantai pasir putih halus yang tenar dapat kecantikan dan ketenteramannya dari lokal sampai ke luar negeri.

Tanjung Bira berada seputar 40 km dari Kota Bulukumba atau 200 km dari Kota Makassar sama waktu menempuh seputar 3-4 jam lama waktunya. Tidak cuma dikenali karena daya pikat kecantikan pantainya saja, Tanjung Bira pula sebagai rumah pembikinan kapal tradisionil ciri khas Sulawesi Selatan dan pengunjung bisa menyaksikan proses pembikinan kapal itu di tepian pantai.

Dengan cost ticket masuk sejumlah Rp 10.000,00 rupiah, wilayah wisata Pantai Tanjung Bira udah diperlengkapi dengan beberapa layanan, seperti tempat rental perabotan menyelam, rumah makan, kamar mandi yang nyaman, rental motor, dan dermaga kapal ferry yang dipakai buat mengantarkan beberapa turis yang ingin menyelam di Pulau Selayar.

Buat kemudahan peninapan siap pondokan, villa, bungalow dan hotel dengan biaya dimulai dengan Rp 100.000,00 sampai Rp 600.000,00 per malamnya.

Ada beberapa hal yang bisa pengunjung melakukan di wilayah wisata Tanjung Bira, satu diantaranya adalah snorkeling atau diving sambil nikmati kecantikan bawah lautnya di sejumlah spot yang ada pada pantai ini. Spot di rata-rata Pulau Liukang Loe, yaitu suatu pulau kecil yang berada di seberang barat Tanjung Bira sebagai satu diantaranya spot terhebat.

Pengunjung dapat habiskan waktu liburan di Tanjung Bira dengan sebatas berjemur di bawah matahari sembari nikmati segarnya angin yang terhembus dan lihat daya pikat matahari keluar dan tenggelam.

Buat Anda beberapa penggemar traveling dan pencinta pantai karenanya tidak boleh terlewat pantai elok yang satu berikut. Dengan semua daya pikat kemegahannya, Tanjung Bira sangat cocok buat jadi alternatif melintasi berlibur pekan akhir Anda. Ketarik pekan akhir di Tanjung Bira?

Sumber: idntimes.com

******

Hotel Bira Bulukumba

Pantai Tanjung Bira Bulukumba yang cukup tenar di dalam telinga pelancong. Daya pikatnya memang tidaklah dapat ditinggalkan demikian saja, sampai gak cukup dicicip 1 hari.

Dengan demikian wilayah seputar Tanjung Bira Bulukumba menyiapkan layanan pemondokan. Rerata dijajakan pada harga yang ramah kantong, baca referensinya di bawah ini.

1. Hotel Bira Bulukumba Cosmos Bungalows

Ingin istirahat sekalian nikmati eloknya pantai? Cosmos Bungalows dapat jadi opsi bermalam untuk habiskan waktu berlibur. Areanya berada di jalan Bara cuma beberapa saat jalan dari Tanjung Bira.

Tiap-tiap musim berlibur pemondokan ini termasuk cukuplah ramai sama pengunjung. Pada harga yang tidak kuras dompet, banyak tamu akan memperoleh pengalaman bermalam yang tidak terabaikan serta penuh perhatian.

Ini bisa menjadi salah satu villa murah di bira favorit kalau berkunjung di tempat ini.

  • Tempat: Jl. Bara, Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

2. Hotel Bira Bulukumba Woywoy Sunrise Bira

Mengangkut ide pemondokan sama seperti yang berada pada Brighton Beach, Australia. Design eksteriornya berencana dibikin cerah serta colourfull, dengan unit kamar berbentuk pondok-pondok.

Letak pondok itu ada dalam outdoor tapi tetap pada suatu wilayah hotel. Dengan anggaran minimalis Anda akan memperoleh pengalaman bermalam yang terkesan. Habiskan waktu istirahat sekalian bersisihan dengan alam bebas yang tenang.

  • Tempat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

3. Hotel Bira Bulukumba Marcell Guest House

Terletak ada dalam wilayah Tamasya Pasir Putih, punya jarak cukup dekat dari pantai Tanjung Bira. Terlihat luar udah kelihatan kalau pemondokan ini mendatangkan nuansa yang homey serta teduh.

Dengan halaman parkir yang lega dan tataan guest house seakan lagi ada dalam rumah sendiri. Ada tribune di lantai dua dengan meja serta bangku selaku area bersama-sama. Begitu asyik duduk santai di tribune sekalian nikmati teh hangat waktu pagi hari.

Bahkan kalau beruntung kita bisa melihat turis berjemur di tempat ini.

  • Tempat: Jl. Bontobahari, Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

4. Hotel Bira Bulukumba Bira Lembang Lohe Resor

Seputar 50meter dari pantai Tanjung Bira ada pemondokan yang nyaman untuk memakan berlibur. Design keseluruhnya hotel memperlihatkan ide klasik-modern, dengan mebel kayu di tiap-tiap perlengkapannya.

Hingga tempat datang ini mendatangkan kesan-kesan hangat serta berkawan secara bertepatan. Biarpun harga sewa per malamnya cukup murah, akan tetapi tidak hilangkan metode service yang penuhi keperluan banyak tamu.

  • Tempat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

5. Hotel Bira Bulukumba PAnda Beach 1

Terlihat luar memang pemondokan ini berkesan simpel, akan tetapi layanannya tidak usah disangsikan. Menjajakan sebuah tempat tinggal datang yang murah, bersih, serta nyaman buat wisatwan kurang anggaran.

Tetapi jangan salah ini bisa menjadi salah satu villa murah di bira yang bisa dijadikan alternatif.

Areanya ada dalam wilayah Peningkatan Pasir Putih Tanjung Bira. Jikalau pergi dari pantai Tanjung Bira jaraknya lagi, maknanya tidak demikian jauh atau dekat. Akan tetapi tetap bisa dicapai dengan berkendaraan lebih kurang 10 menit.

Leave a Reply

id_IDBahasa Indonesia